April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia fokus mengembangkan desa wisata

JAKARTA (Xinhua) — Indonesia mulai fokus mengembangkan dan mempromosikan desa wisata tahun ini, karena wisata alternatif tersebut terbukti mampu bertahan di masa pandemi, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Jumat.

Desa wisata umumnya digambarkan sebagai desa yang ditujukan untuk menyambut wisatawan, menawarkan pengalaman yang menggabungkan alam, budaya asli, dan kehidupan lokal.

Uno mengatakan, dalam dua tahun terakhir, bahkan di masa pandemi Covid-19, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke desa wisata di seluruh Indonesia, khususnya desa di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat, serta wisata lainnya meningkat 30 hingga 50 persen. Target gagal. Uno mengatakan bahwa desa wisata telah menjadi “pemenang wabah” karena sering menawarkan ruang alam terbuka, dan banyak orang yang tidak pernah mengunjungi suatu daerah, dan hanya sekelompok kecil penduduk desa yang tinggal di sana.

“Oleh karena itu, kami ingin menjadikan desa wisata sebagai proyek unggulan untuk mengembangkan sektor pariwisata. Kami percaya mereka dapat secara signifikan mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi,” kata Uno dalam keterangan tertulis.

Dikatakannya, desa wisata merupakan tempat yang kecil dan sederhana, namun bisa berdampak besar bagi industri pariwisata Indonesia dan mendukung bisnis lokal.

Pengunjung tempat wisata Taman Sari di Yogyakarta, Indonesia. Foto: Xinhua
READ  UMKM Indonesia mendapat dorongan dari IMT-GT: Kementerian