Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia telah menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir

Indonesia telah menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir

Jakarta: Bank sentral Indonesia menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam tujuh tahun pada hari Rabu, sebuah langkah tak terduga untuk meningkatkan nilai tukar rupiah, yang terus melemah terhadap dolar meskipun ada beberapa intervensi di pasar mata uang. Para ekonom memperkirakan tingkat bunga reverse repo tujuh hari Bank Indonesia akan dipertahankan sebesar enam persen, namun malah menaikkannya sebesar 25 basis poin menjadi 6,25 persen, tingkat yang tidak pernah terlihat sejak tahun 2016.

Dua suku bunga utama lainnya juga dinaikkan sebesar 25 basis poin. “Kenaikan suku bunga untuk memperkuat stabilitas nilai tukar rupiah terhadap kemungkinan memburuknya risiko global,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Vargeo dalam konferensi pers, Rabu. Pengetatan kebijakan moneter untuk melawan kenaikan inflasi.

Kenaikan harga sebagian didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina, kenaikan harga energi dan pangan global, serta gangguan rantai pasokan, yang memicu masalah ekonomi terkait pandemi ini. Perry menyebutnya sebagai “langkah awal dan berwawasan ke depan” untuk memastikan inflasi tetap berada dalam kisaran target bank sebesar 1,5-3,5 persen, yang saat ini berada di angka 3,05 persen. Nilai tukar rupiah telah mengungguli mata uang lain di kawasan terhadap penguatan dolar AS, namun masih melemah lebih dari lima persen sejak awal tahun, kata Perry, bahkan setelah intervensi berulang kali untuk mendukung unit tersebut.

Dengan inflasi AS yang berada di atas targetnya, greenback telah terangkat oleh lemahnya ekspektasi mengenai seberapa besar Federal Reserve akan memangkas biaya pinjaman tahun ini. Bank Indonesia kemungkinan akan melakukan pengetatan lebih lanjut jika rupiah terus terdepresiasi, kata para ekonom. “Bank sentral telah melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk mendukung mata uang dan kami pikir bank sentral akan melanjutkan strategi ini daripada melanjutkan siklus pengetatan,” kata Gareth Leather, ekonom senior Asia di Capital Economics. Melemahnya rupee, kemungkinan kenaikan lebih lanjut.”- AFP

READ  Dinas Perikanan Indonesia Kecam Rencana Lelang Kepulauan Kuno 100 Pulau | Indonesia