Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia Finmin Sri Mulyani Peramana C.  Salah satu calon bank pekerjaan – sumber

Indonesia Finmin Sri Mulyani Peramana C. Salah satu calon bank pekerjaan – sumber

JAKARTA, 31 Jan (Reuters) – Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indravati sedang dipertimbangkan sebagai gubernur bank sentral berikutnya, dengan masa jabatan ketua saat ini berakhir pada Mei, menurut lima sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini adalah tokoh terkenal di komunitas keuangan global dan telah menjabat dua kali sebagai menteri keuangan di bawah dua presiden, terakhir dimulai pada tahun 2016.

Dia mendapat pujian karena mereformasi sistem perpajakan dan mengarahkan ekonomi terbesar di Asia Tenggara melewati pandemi.

Namun asisten khusus Mr Muliani, Justinus Prestovo, mengatakan tidak ada diskusi di kementerian keuangan tentang pencalonannya sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) yang baru.

Kepala BI saat ini Perry Vargio sedang dipertimbangkan untuk jabatan kedua dan terakhir, empat sumber mengatakan kepada Reuters, berbicara dengan syarat anonim karena masalah tersebut belum dipublikasikan.

Ketua Lembaga Penjamin Simpanan Purbaya Yuti Sadewa dan Deputi Gubernur Senior BI Destri Tamayanti juga disebut oleh beberapa sumber sebagai kandidat potensial.

Seorang anggota parlemen dalam koalisi Presiden yang berkuasa mengatakan Sri Mulyani ingin mengambil pekerjaan itu. Namun sumber lain mengatakan proses shortlisting masih berlangsung.

“Itu belum sampai pada nama,” kata sumber itu.

Ketika ditanya tentang kemungkinan pencalonannya pada hari Selasa, Sri Mulyani mengatakan akan fokus pada perannya saat ini dan proses pemilihan gubernur baru akan didasarkan pada undang-undang.

Vargio dan Purpaia, yang menjadi panel untuk konferensi pers, tidak menjawab pertanyaan.

Parbhaya menolak mengomentari potensi pencalonannya saat dihubungi Reuters pada Senin setelah media lokal Detik.com dan Kumparan.com melaporkan nama-nama tersebut.

Kantor Presiden Joko Widodo dan Destri tidak menanggapi permintaan komentar.

READ  OPM menyerukan serikat pekerja global untuk memasukkan barang dan jasa Indonesia ke dalam daftar hitam

Gubernur Vargio saat ini, yang akan mengakhiri masa jabatan lima tahunnya pada 24 Mei, adalah seorang bankir karir yang berperan penting dalam mereformasi bauran kebijakan moneter BI.

Dia mengawasi respons BI terhadap pandemi, termasuk kebijakan yang tidak konvensional seperti membeli obligasi langsung dari pemerintah ketimbang melalui pasar sekunder.

BI telah menaikkan suku bunga sebesar 225 basis poin sejak Agustus sebagai bagian dari siklus pengetatan bank sentral pasca pandemi.

Di bawah undang-undang bank sentral yang baru direvisi, presiden harus menyerahkan setidaknya satu nama ke parlemen pada bulan Februari, memberikan waktu bagi kandidat untuk menjalani pemeriksaan yang sesuai dan tepat sebelum anggota parlemen memilih orang terbaik untuk pekerjaan itu.

Dilaporkan oleh Stefano Sulaiman, Ananda Teresia, Gayatri Suroyo; Diedit oleh Kanupriya Kapoor dan Ed Davis

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.