Juni 17, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

WA untuk membicarakan mineral penting dengan presiden Indonesia

WA untuk membicarakan mineral penting dengan presiden Indonesia

Pembicaraan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo yang berkunjung dapat menempatkan Australia Barat di posisi terdepan untuk mendorong ambisi energi bersih konglomerat Asia tersebut.

Perdana Menteri Roger Cook akan melakukan perjalanan ke Sydney untuk bertemu dengan Jokowi pada hari Senin untuk pembicaraan bilateral.

Mereka kemungkinan besar akan membahas transisi Indonesia menuju energi terbarukan dan pengembangan sektor manufaktur kendaraan listriknya.

Indonesia adalah produsen nikel terbesar di dunia, tetapi mencari pasokan litium ke Australia, komponen utama dalam baterai kendaraan listrik.

“Jelas, pemerintah Indonesia sangat tertarik untuk bermitra dengan Australia dan Australia Barat untuk memahami bagaimana mereka dapat mengembangkan minat mereka seputar mineral kritis,” kata Mr Cook kepada wartawan.

“Mereka juga sangat ingin meningkatkan kemampuan kendaraan listrik mereka.

“Semua hal itu membutuhkan sumber daya, dan WA memiliki banyak sumber daya tersebut, sehingga Anda dapat memahami mengapa mereka ingin mendiskusikan masalah tersebut dengan kami.”

Mr Cook sebelumnya telah mengunjungi Indonesia sebagai menteri perdagangan dan berencana untuk kembali untuk misi lain pada bulan September.

Perjalanan ke Sydney akan memungkinkan Mr Cook untuk bertemu dengan Perdana Menteri Antony Albanese untuk pertama kalinya, menggantikan Mark McGowan.

Dia akan mendesak mitra Buruhnya untuk mempertahankan pembagian pendapatan GST yang ada di tengah protes dari para pemimpin negara bagian dan teritori lainnya.

“Hanya ada satu prioritas dan itu adalah mengamankan bagian yang adil dari GST Australia Barat dan memastikan kami mendapatkan bagian yang adil dari investasi infrastruktur,” kata Cook.

“Anda melihat ke seberang Australia Barat dan Anda melihat pertumbuhan ekonomi kami, pertumbuhan lapangan kerja yang kuat, dan permintaan akan infrastruktur kami.

READ  India mengirimkan biji-bijian ke india, Nepal, Senegal, dan Gambia

“Jadi kita perlu memastikan bahwa kita menyampaikan pesan kepada Pemerintah Persemakmuran bahwa Australia Barat adalah ruang mesin ekonomi kita dan ruang mesin ekonomi masa depan kita.”