Juni 14, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Joko Widodo mendorong kemitraan EV Indonesia-Australia

Joko Widodo mendorong kemitraan EV Indonesia-Australia

Indonesia, ekonomi terbesar di Asia Tenggara, siap menjadi pusat manufaktur regional untuk industri baterai dan kendaraan listrik. Investasi asing sedang meningkat, dengan Jakarta menarik Hyundai dan Mitsubishi serta pembuat mobil lainnya.

Pemerintah Albania ingin Australia lebih terlibat dalam produksi baterai dan energi hijau lainnya, tidak hanya menambang dan mengekspor litium, nikel, dan mineral penting lainnya yang diperlukan untuk transisi energi.

Mr Widodo mengatakan minggu ini dia berharap untuk meresmikan kemitraan pengembangan industri. Namun, presiden tidak jelas apakah kedua negara akan bersama-sama berinvestasi di pusat produksi atau apakah Indonesia akan berusaha untuk mengunci pasokan litium Australia dan investasi Australia di pusat Indonesia.

‘Jadikan Semuanya Hijau’

“Kalau bisa tanda tangan, akan bagus untuk Australia – dan untuk Indonesia – jika ada konvergensi untuk baterai EV”.

Bapak Widodo akan didampingi oleh menteri perdagangan dan ekonominya, dan kehadiran Australia dalam ekonomi Indonesia yang tumbuh kuat akan menjadi fokus diskusi – kedua belah pihak setuju. Keamanan kawasan, peran ASEAN, dan keinginan Indonesia untuk akses yang lebih mudah ke Australia melalui proses visa yang disederhanakan juga masuk dalam agenda.

Salah satu pendukung terbesar strategi rantai pasokan kendaraan listrik Indonesia adalah raksasa baterai China CATL. Perusahaan telah berjanji untuk bekerja sama dengan Indonesia untuk “menghijaukan segalanya” dalam rantai pasokan yang direncanakan, mulai dari operasi penambangan nikel hingga produksi baterai.

Ini telah bermitra dengan penambang, berinvestasi dalam peleburan, mengembangkan proyek manufaktur, dan bekerja sama dengan Otoritas Investasi Indonesia dalam dana investasi EV senilai $US2 miliar ($3 miliar).

Indonesia juga menarik raksasa EV Tesla, dan meski Ford memiliki rencana investasi, investasi Asia sejauh ini melampaui Eropa dan Amerika Utara. Uni Eropa menentang pendekatan nasionalistik Indonesia terhadap pembangunan industri. Pemerintahan Jokowi melarang ekspor bijih nikel pada tahun 2020, memaksa perusahaan asing untuk terlibat dalam operasi hilirisasi di Indonesia.

READ  ExxonMobil menyelesaikan kasus penyiksaan puluhan tahun dengan penduduk desa Indonesia

WTO mendukung klaim UE bahwa larangan tersebut – yang kini telah diperluas oleh Indonesia ke bauksit – melanggar aturan perdagangan. Indonesia mengajukan banding atas temuan tersebut dan mengatakan bahwa Jokowi tidak mengalah dan perusahaan Barat harus menyadari bahwa waktu telah berubah.

“Pesan utamanya adalah semua negara berhak untuk berkembang, semua negara berhak untuk mengembangkan sumber daya alamnya, semua negara berhak untuk menyejahterakan rakyatnya dan negara lain harus menghormati hak ini,” kata Jokowi.

“Tidak boleh ada pihak yang memaksakan kualitasnya, menganggap kualitasnya lebih baik, lebih baik. Kebijakan diskriminatif terhadap produk dari negara berkembang harus dihentikan.

“Kami terbuka; Anda dapat berinvestasi di Indonesia, Anda dapat bergabung dengan perusahaan milik negara kami, bergabung dengan sektor swasta kami atau membangun perusahaan Anda 100 persen di Indonesia. Kami terbuka. Tetapi bahan mentah tidak dapat dikirim kembali. Tidak, berhenti.”

Ini akan menjadi perjalanan bilateral terakhir Jokowi sebagai presiden. Pemilih Indonesia akan memilih presiden baru pada bulan Februari, meskipun pemenangnya baru akan menjabat tahun depan.

Salah satu proyek besar yang diluncurkan selama dekade kekuasaan Jokowi adalah proyek senilai $32,5 miliar untuk memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta di pulau Jawa ke Nusantara di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Pulau Kalimantan.

Nusantara dalam agenda

Pemerintah berkomitmen mendapatkan 80 persen pendanaan modal baru dari swasta. Pendanaan untuk kota baru, yang diperkirakan akan menampung sekitar 1 juta orang, terbukti sulit. Investor dari 16 negara telah menyatakan ketertarikannya, namun hingga saat ini, anak perusahaan China State Construction Engineering Corp ini merupakan salah satu dari dua perusahaan asing yang bekerja di Nusantara.

Jokowi mengatakan niatnya tidak berubah. “Kita perlu membawa sektor swasta ke Nusantara. Oleh karena itu, investasi sangat penting.

READ  IPO Pukalabak senilai US $ 1,1 miliar - terbesar di Indonesia dalam satu dekade, semuanya ditutup pada hari rilis, kata sumber

Bapak Widodo, yang menginginkan investor institusi Australia untuk meningkatkan kehadiran mereka di Indonesia, akan berbicara tentang Nusantara minggu ini, tanpa konfirmasi dari Australia.

Perdagangan bilateral telah meningkat sejak Jokowi mengunjungi Australia tiga setengah tahun yang lalu, meskipun dengan basis yang relatif rendah. Indonesia adalah pasar ekspor terbesar ke-10 Australia dan sumber impor terbesar ke-16 kami.

Investasi dari Australia juga meningkat, lagi-lagi dari basis yang rendah. Jokowi mengatakan dia ingin melihat lebih banyak dana dari Australia setelah tur pencarian fakta tahun lalu.

IMF memperkirakan ekonomi Indonesia tumbuh 5 persen tahun ini. Dengan prospek yang tidak pasti di Eropa dan Amerika Utara, minat tumbuh. Investasi asing langsung di Indonesia mencapai US$45 miliar tahun lalu, meningkat 61 persen dibandingkan tahun 2019.

Pada kuartal pertama tahun ini, Singapura merupakan investor asing terbesar di Indonesia, mengirimkan $4,3 miliar ke 7.839 proyek. Berikutnya adalah Hong Kong, China, Jepang, dan Amerika Serikat. Australia $ 156.600.000 peringkat kesembilan.

Indonesia mengikuti peningkatan akses pasar yang diamankan oleh Australia dalam kesepakatan perdagangan tiga tahun lalu, ketika undang-undang yang disahkan selama pandemi melonggarkan undang-undang ketenagakerjaan dan membuat negara tersebut lebih mudah bagi perusahaan asing untuk masuk.

Ekspor Indonesia, termasuk pupuk, ke Australia telah meningkat sejak perjanjian perdagangan IA-CEPA diberlakukan pada tahun 2020, dengan Monash University dan Aspen Medical beroperasi di Indonesia, meskipun dampaknya telah berkurang akibat pandemi.