Juni 20, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Toko Serba Ada Indonesia Alpamart mencari pertumbuhan ‘ekonomi baru’

JAKARTA – Jaringan toko serba ada utama di Indonesia, Alpamart, telah maju dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen lokal dengan toko-tokonya yang ada di mana-mana dan lengkap.

Namun sekarang, karena ekonomi terbesar di Asia Tenggara semakin diubah oleh teknologi, operator Albert Chamber Albaria Trijaya mencari peluang dengan memanfaatkan area pertumbuhan “ekonomi baru”, seperti pekerjaan jarak jauh dan pengambilan kopi.

Sebagai bagian dari itu, Sumber Alparia Trijaya atau yang akrab disapa Almart, pekan lalu mendapat persetujuan pemegang saham atas skema rights-to-release untuk berinvestasi di “perusahaan berbasis teknologi”, serta mendiversifikasi dan memperluas model bisnisnya.

“Suka atau tidak, Albert menyadari bahwa kita tidak bisa lepas dari dunia digital,” kata ketuanya Ankara Hans Praveera kepada wartawan setelah rapat pemegang saham Kamis lalu.

“Jadi kami terus menjajaki kemungkinan bermitra dengan perusahaan berbasis teknologi yang dapat berintegrasi dengan Almart,” kata Praveera. “Kalau kita berinvestasi, itu menjadi strategi [investment] Untuk memperkuat bisnis inti kami, ritel. “

Dia menolak menyebutkan target yang mungkin, mengatakan Albert sedang menjajaki kandidat. Dia membantah spekulasi bahwa Aladdin, pemberi pinjaman yang berbasis di Jakarta atau bank yang mematuhi Syariah atau hukum Islam, berencana untuk mencap Suriah sebagai bank digital.

Namun, Alphamart Bank sedang dalam pembicaraan dengan Aladdin tentang “kemitraan bisnis strategis”. Pengaturan seperti itu akan mengeksplorasi lebih dari 17.000 gerai Almart di seluruh negeri, termasuk 4 juta pelanggan harian dan puluhan ribu mitra usaha mikro, kecil, dan menengah untuk memanfaatkan peluang, termasuk uang tunai dan keuangan.

Tapi Praveera mengatakan berinvestasi dengan pemberi pinjaman adalah masalah lain, meringkas situasinya sebagai “mulai memberitahu”.

Bank Aladdin – sebelumnya bank net saree – dipimpin oleh Diota Marsudi, putra Menteri Luar Negeri Indonesia Redno Marsudi, go public pada bulan Februari. Dikatakan bulan lalu telah mengadakan pembicaraan dengan “beberapa mitra strategis potensial”, termasuk Shapiro, platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara yang dijalankan oleh Sea Group yang berbasis di Singapura. Namun, laut membantah pembicaraan tersebut.

Almamart mengatakan pihaknya berencana untuk memperluas rekan kerja dan kedai kopi dengan merek Alpha X dan Bean Spot yang relatif baru, dan berencana untuk membuka 50 gerai Alpha X baru tahun ini dan mendirikan sudut Bean Spot di 1.500 Alphamart yang ada. Toko swalayan. Itu sebelumnya telah memperkenalkan uji coba untuk dua proyek.

Alpha X adalah tempat rekan kerja di sebelah lemari pakaian AlbaMart, dan Bean Spots memiliki toko serba ada kelas atas sebagai pojok kopi di dalam toko regulernya.

Jumlah tempat kerja di beberapa kota besar di Indonesia telah meningkat selama beberapa tahun terakhir, dan tren bekerja dari rumah yang didorong oleh infeksi virus korona diperkirakan akan semakin meningkatkan permintaan. Demikian pula, kios kopi baru yang terjangkau dan terjangkau Crop-and-Go telah menunjukkan pertumbuhan yang cepat.

Kobe Kenangan, salah satu gerai kopi paling populer di Indonesia, telah mengumpulkan total $ 237 juta sejak investor, termasuk rapper AS J-Z dan mantan petenis nomor 1 dunia Serena Williams, membuka gerai pertamanya di Jakarta pada tahun 2017.

“Konsep Alpha X dikembangkan agar sesuai dengan karakteristik generasi muda saat ini,” kata Almamart Bursa Efek Indonesia, BEI, dalam keterangan yang disampaikan pada 4 Mei. “Selain itu, perseroan melihat pertumbuhan industri kedai kopi sebagai anugerah peluang bisnis, terutama tren kopi baru yang telah menjadi bagian dari gaya hidup modern dalam kehidupan sehari-hari.”

Praveera mengatakan Alphamart terutama menargetkan mahasiswa sebagai pelanggan Alpha X dan oleh karena itu ingin membuka gerai Alpha X baru di dekat kampus universitas. Sebelum wabah, perusahaan telah memikirkan untuk secara aktif mengembangkan Alpha X, tetapi memutuskan untuk menunggu sampai krisis kesehatan global selesai.

READ  Indonesia / Volcano Discovery, Ternate, gempa 4,4 SR di dekat Maluku Utara

Didirikan oleh pengusaha Joko Susanto, Alpamart adalah gerai terbesar kedua dari jaringan Toko Serba Ada IndoMate di bawah Grup Saleem, sebuah perusahaan patungan lokal yang mengoperasikan lebih dari 18.000 toko di seluruh negeri.

Sementara bisnis intinya tidak terpengaruh oleh epidemi, Almart membuka 1.400 gerai baru pada tahun 2020, mencatat peningkatan pendapatan 3,95% menjadi 75,8 triliun rupee dan penurunan laba bersih 4,67% menjadi 1,06 triliun rupee tahun lalu.

Fitch Ratings mengatakan dalam sebuah catatan bulan lalu bahwa meningkatkan kepercayaan konsumen dapat mendukung peningkatan permintaan pengecer bahan makanan di Indonesia tahun ini – dan bahwa “toko ritel modern skala kecil telah terbukti lebih tangguh selama epidemi.”

“Perbedaannya terlihat jelas jika dibandingkan dengan operator supermarket / hypermarket Hero Supermarket dan Matahari Putra Prima, dengan Sumber Alparia Trijaya, operator mini market terbesar kedua di Indonesia,” kata Fitch, mengacu pada pertumbuhan dua digit tahun lalu dari Hero dan dua digit West Matahari. – serta jumlah pasangan yang dikurangi dari pasangan yang terakhir.

Mengutip program vaksinasi COVID-19 pemerintah Indonesia saat ini, mengutip peningkatan penjualan selama bulan puasa Ramadhan, perusahaan mengatakan sangat senang dengan peluang pendapatan tahun ini – umumnya waktu konsumsi tertinggi di Indonesia – dibandingkan dengan Ramadhan tahun lalu.

Albert juga berencana menghabiskan hingga 3 triliun rupee untuk belanja modal tahun ini, termasuk pembukaan 850 gerai baru di seluruh negeri.

Perusahaan lokal SM Ia juga mengatakan akan terus berkembang di Filipina, yang masuk pada tahun 2014 sehubungan dengan Investasi. Setelah membuka 260 gerai baru tahun lalu, Almart saat ini mengoperasikan lebih dari 1.000 gerai di Tanah Air. Perusahaan mengatakan akan membuka 150-200 gerai baru di Filipina tahun ini.

READ  Data Alternatif Peningkatan Penduduk Indonesia Secara Finansial - Opini

“Pembatasan operasi masih ketat di Filipina tahun ini, dan [coronavirus] Kasus di sana terus meningkat, “kata Praveera.” Tapi secara keseluruhan, kami pikir peluang bisnis kami jauh lebih baik … lebih menjanjikan. “