Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Tangkapan layar: CAAMFest hits ‘Joy Ride’, rap Indonesia kembali dengan rockin’ Fanny

Bisa dibilang, sinema dokumenter sudah berjiwa petualang, hampir seabad yang lalu, dengan Djika Verdov Pria dengan Kamera Film “A Lifetime” dijejalkan ke dalam 60 menit.

Namun, fitur 1929 tidak dianggap sebagai karya klasik dunia pada saat itu. Relatif sedikit kritikus asing yang melihatnya dibuat bingung oleh upaya kaleidoskopik untuk “secara virtual menciptakan bahasa internasional baru” dari gambar bergerak tanpa judul atau dialog deskriptif. Dalam beberapa tahun Verdov akan menurunkan dirinya ke pekerjaan penyuntingan impersonal, gaya pribadinya diturunkan ke kategori “formalisme” yang merendahkan, yang kemudian disebut oleh pengamat budaya era Stalin sebagai avant-garde Soviet yang brilian tahun 1920-an. Sejak saat itu, satu-satunya karya layar yang diizinkan adalah yang sederhana, propaganda motivasi mereka jelas bagi semua orang.

Tapi tidak ada yang sederhana Pria dengan kamera filmBermain di New Parkway Rabu/10 ini jam 7 malam (Info lebih lanjut di sini), live dengan grup Texas Mandopolis memainkan musik asli Justin Sherburne. “Eksperimennya dalam komunikasi sinematik dari peristiwa nyata tanpa bantuan antarjudul, tanpa bantuan narasi” (seperti yang diinformasikan oleh teks pembuka) adalah pengalaman saksi yang memacu adrenalin di luar batas “simfoni kota” seluloid zaman itu. “

Kaleidoskop hari-di-hari-di-di-awal-semua orang Verto mencakup umat manusia dari flapper pop hingga babushka, bangsal bersalin hingga pemakaman, industri perkotaan hingga pertanian. Ini mencakup serangkaian trik teknis hari ini yang memusingkan: gerakan berhenti, atlet dalam gerakan super lambat (jauh sebelum Leni Riefenstahl), bingkai beku, layar terpisah, gerakan mundur, pemotongan strobo, superimposisi, dan banyak lagi. Ada ruang untuk humor dan kritik dalam sapuannya, tetapi pada saat masa depan masih cerah, rasa optimisme dan harapan yang tak terbatas dilebih-lebihkan.

READ  Kekuatan solusi pasif di Bangladesh dan Indonesia

Film dokumenter membutuhkan waktu lama untuk mengambil risiko perluasan bentuk dan bahaya seperti itu lagi. Tapi ada banyak fleksibilitas dalam genre lagi hari ini, sebagaimana dibuktikan oleh dua festival lokal tahunan utama yang kembali minggu ini, CAAM dan DocLands.

CAAMFest (sebelumnya dikenal sebagai Festival Film Amerika Asia San Francisco), tentu saja, bukan pertunjukan non-fiksi. Faktanya, ini dimulai Kamis/11 ini di Teater Castro dengan mungkin penghibur acara yang paling penting: Adele Lims. Perjalanan sukacita, sebuah komedi gaya mabuk cabul tentang empat wanita muda Amerika yang perjalanan kerja-mainnya ke China tidak berjalan sesuai rencana. Ini tidak halus, tetapi kisah perjalanan yang penuh warna dan energik ini (yang dibuka secara komersial pada pertengahan musim panas) akan membuat penonton larut malam dalam suasana pesta. (Ya, ada makan malam pembukaan di Asian Art Museum.)

Sorotan cerita Amerika lainnya selama sepuluh hari pemrograman CAAM berikutnya termasuk Singh J. Penayangan perdana Sundance yang diakui oleh Lee mencakup drama tersebut. Pengemudi Liburan yang Tidak Disengaja; Baru dari tamu sering Quentin Lee Musim Panas Terakhir Nathan Lee, tentang kesuksesan daftar keinginan remaja yang sakit parah; Justin Sonin Jamojaya, di mana karier seorang rapper Indonesia yang berkembang pesat meninggalkan ayah-manajernya; Drama keluarga Kelvin Shum di Hong Kong pembebasan; Bahkan lebih.

Seperti biasa, ada beragam konten dokumenter, baik pendek maupun feature. Dari yang terakhir, salah satu pilihan yang paling melebar adalah La Sense Starring. Seperti Jerry sendiri, Di dalamnya, ayahnya yang telah bercerai memerankan kembali beberapa peristiwa yang penuh gejolak baru-baru ini dengan bantuan anggota keluarga dan aktor di kehidupan nyata. Mereka merekonstruksi seorang pensiunan, imigran Taiwan berbasis di Orlando yang diciptakan oleh polisi China untuk memata-matai dan mengungkap pencucian uang internasional… atau apakah dia benar-benar terinspirasi oleh penipu? Pengaburan garis naratif yang cerdik menjadikan ini semacam kisah peringatan yang sangat menghibur.

READ  Ketika suku bunga global berubah, bank-bank di India dan Indonesialah yang diuntungkan

Juga referensi non-fiksi Cho Yun Um Bar mimpi, mengeksplorasi hubungan kompleks antara pemilik toko Korea dan komunitas kulit hitam di Los Angeles; milik Ursula Liang Jeanette Lee vs.Tentang juara permainan biliar “Black Widow” wanita terkenal; Kredit foto: Kisah Corky Lee, yang subjeknya secara visual mendokumentasikan rentang kehidupan NYC Asia-Amerika selama beberapa dekade; Dan bolak-balik. Akan ada sidebar retrospektif untuk menghormati veteran dokumenter kelahiran Chicago, Ria Tajiri, termasuk pemutarannya baru-baru ini, Kebijaksanaan Menjadi Liar. Ini berurusan dengan masalah penyakit mental, seperti Richard Louie Tak bersyarat dan Chet Hernandez tak terlihat.

Sebelas program film pendek semakin memperluas cakupan internasional CAAM. Beragam panel, acara yang berpusat pada makanan, dan acara musik dari band rock Filipina-Amerika Fanny hingga pertunjukan di Yerba Buena Gardens pada Sabtu/20, 1 p.m. Ini akan diputar sehari sebelumnya Fanny: Waralaba rockFilm dokumenter terbaru terbaik Bobby Joe Hart di awal tahun 1970-an adalah puncak (jika tidak benar-benar menduduki puncak tangga lagu) rekaman dan konser label besar yang dinamis.

Kunjungi CAAMFest 2023 untuk daftar lengkap, jadwal, dan info tiket 11-21 Mei di berbagai lokasi di SF dan Oakland CAAMFest.com.

Docklands, menjalankan Rab/10 hingga Sun/14 di Smith Rafael Film Center di San Rafael, memberikan penekanan yang lebih besar pada musik. Dan bukan hanya dengan membuka ujian malam tahun ini Ini adalah kehidupan setelah semuaTentang duo folk-pop Indigo Girls, tapi OKE! (Film Band AST), Keluarga dekat (Lanjutan dari riwayat musisi sesi sebelumnya Kru perusak), dan Jurnal bintang pop Afghanistan yang penasaran Namun, saya bernyanyi.

Topik lain di layar termasuk tentang lingkungan (Kenaikan Jauh, Raja Batubara, ke dalam salju), kebebasan pers (terbaik Pers yang buruk), ketidakadilan kekerasan seksual (Korban/Tersangka), kompleks industri penjara (Jackson yang cantik), mantan Ibu Negara (Buku Harian Lady Bird), Penduduk asli Amerika (Aitamako’tamiskabi nathosi: sebelum matahari, Bangsa Lakota v. Amerika Serikat), makanan (Dapur air dingin), mode (keindahan tak terlihat, Tata Busana Ulang), permainan (Tanpa kaki, sepenuh hati), puisi (Pergi ke Mars: Proyek Nikki Giovanniz), makhluk (Kuda saudara, Patrick dan Paus), politik Uganda (Pop Wine: Presiden Rakyat), dan banyak lagi.

READ  Aktivitas pabrik menurun karena Indonesia menghadapi peningkatan kasus, kematian, dan perdagangan

Campuran perbedaan ras, oportunisme politik, perubahan iklim, dan sikap apatis Katie Essen semuanya dalam satu paket Lapangan Balap Liberty. Ini menunjukkan masa depan yang mungkin bagi kita semua di masa sekarang di mana warga yang kurang beruntung (di sini komunitas kulit hitam panjang Miami) telah digusur.

Seperti halnya CAAMFest, banyak direktur dan staf terkait lainnya akan hadir secara langsung untuk tanya jawab pasca-penyaringan. Untuk informasi lengkap tentang rencana dan jadwal 2023 DocLands, buka Di Sini.