Juli 19, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Fitur TikTok Shop telah ditutup di Indonesia setelah dilarang

Fitur TikTok Shop telah ditutup di Indonesia setelah dilarang

Tindakan keras terhadap Indonesia, yang memiliki enam juta penjual TikTok, dapat meningkatkan tekanan terhadap toko TikTok di negara lain tempatnya beroperasi. TikTok Shop tersedia di Inggris, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Situs web. Di AS, yang menurut perusahaan memiliki 150 juta pengguna, fitur belanja mulai diluncurkan pada bulan Agustus dan akan tersedia untuk semua orang pada awal Oktober.

Pasar e-commerce Indonesia didominasi oleh situs web Shopee yang berbasis di Singapura dan raksasa teknologi Indonesia Tokopedia, menurut Momentum Works. Meta, yang menjalankan toko e-commerce di platform media sosial Facebook dan Instagram, tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai peraturan baru di Indonesia.

Aturan baru Indonesia menghambat ambisi TikTok di Asia Tenggara, yang memiliki sekitar 325 juta pengguna. Saat berkunjung ke Jakarta beberapa bulan lalu, CEO TikTok, Sho Ji Siew, berjanji akan menginvestasikan miliaran dolar di wilayah tersebut pada tahun-tahun mendatang.

Langkah-langkah proteksionisme di negara tersebut menambah reaksi pemerintah terhadap TikTok di negara lain. Anggota parlemen di Australia, Kanada, Eropa, dan Amerika Serikat telah memblokir akses ke TikTok, yang dimiliki oleh Byte Dance Tiongkok, karena alasan politik dan keamanan. India melarang situs tersebut pada tahun 2020.

Setelah toko TikTok ditutup di Indonesia pada hari Rabu, pemerintah berterima kasih kepada perusahaan tersebut karena telah mematuhi peraturannya, dan TikTok serta platform lainnya dipersilakan untuk menjalankan e-commerce secara terpisah dari jaringan media sosial.

Juru bicara perusahaan tersebut mengatakan bahwa TikTok sedang dalam tahap awal negosiasi dengan pihak berwenang Indonesia untuk mendapatkan izin pembayaran di negara tersebut. Dia menambahkan bahwa perusahaan tidak mengetahui adanya indikasi bahwa negara lain mungkin mengatur TikTok Shop dengan cara yang sama.

READ  Industri Nikel milik Justin Werner meningkatkan dividen ketika pesaingnya dari Australia berjuang untuk bertahan hidup