Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Arab Saudi, bisnis Indonesia didesak untuk menemukan solusi perdagangan

Arab Saudi, bisnis Indonesia didesak untuk menemukan solusi perdagangan

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta organisasi bisnis Arab Saudi dan Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan perdagangan kedua negara melalui Forum Bisnis & Diskusi Jejaring Indonesia-Arab Saudi.

“(Ini) kesenjangan komunikasi yang sangat besar antara pedagang di sana dan bisnis besar kami sendiri. Mungkin ada miskomunikasi atau semacamnya, dan itulah yang kami coba (hadapi). Di sini, kami telah mengundang 10. Pedagang besar dari Arab Saudi , malam ini sudah ada 10 besar. Kami juga akan mengundang para pelaku usaha ke sini,” kata Menkeu di Jakarta, Senin.

Ia menyoroti hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi, namun hingga saat ini belum ada kerja sama perdagangan yang signifikan antara keduanya.

Pertemuan antara perusahaan perdagangan kedua negara menandai awal usaha patungan, katanya. Menteri berpendapat bahwa Arab Saudi saat ini sedang berkembang secara masif, sehingga terdapat peluang perdagangan yang sangat besar bagi kedua negara.

Zulkifli mengharapkan beberapa sektor usaha, khususnya grosir dapat menembus pasar Arab Saudi.

Ia juga berharap Indonesia membuka peluang bagi negara-negara seperti AS, Eropa, China, Jepang, dan Korea Selatan untuk membangun bisnis di Arab Saudi.

“Semoga ini bisa menjadi awal, kami juga mendapat dukungan dari Arab Saudi. Karena Arab Saudi adalah negara besar di Teluk dan Indonesia adalah pemimpin ASEAN, kami juga berharap dapat meningkatkan hubungan bilateral.” Dia mencatat.

Menurut data Badan Pusat Statistik yang dikelola Kementerian Perdagangan, perdagangan produk nonmigas antara Indonesia dan Arab Saudi mencapai US$0,74 miliar pada periode Januari-Maret 2023. Angka tersebut lebih tinggi 12,20 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang dilaporkan sebesar USD 0,66 miliar.

Di sisi lain, nilai perdagangan produk nonmigas akan mencapai USD 2,93 miliar pada tahun 2022. Dari angka tersebut, ekspor Indonesia ke Arab Saudi tercatat sebesar US$2,02 miliar, sedangkan impor dari Arab Saudi ke Indonesia tercatat sebesar US$0,91 miliar.

READ  Pengemudi Pengiriman Indonesia Kehilangan Pesanan Setelah Menunggu 3 Jam (VIDEO)

Ekspor Indonesia ke Arab Saudi berkisar dari kendaraan, minyak sawit dan turunannya hingga arang, ikan, kertas, dan kayu lapis. Indonesia mengimpor ethylene glycol, sulfur, polypropylene, polyethylene dan baja dari Arab Saudi.

Berita terkait: Kemenpar promosikan pariwisata Indonesia ke Arab Saudi melalui RTF
Berita terkait: Indonesia-Arab Saudi bahas investasi energi terbarukan
Berita terkait: Arab Saudi berkomitmen intensifkan perdagangan dengan Indonesia: Menteri

Diterjemahkan oleh: Mary Cecilia GB, Mecca Yumna
Editor: Aziz Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2023