Juli 19, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Vietnam 'kebingungan' dalam daftar pesepakbola alami yang diharapkan Indonesia

Vietnam 'kebingungan' dalam daftar pesepakbola alami yang diharapkan Indonesia

Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Eric Tohir mengatakan rencana itu tetap tidak berubah meskipun ada “kebingungan” di Vietnam.

Bek tim nasional Vietnam Do Duy Man membuat marah publik kedua belah pihak dengan leluconnya: “Terkadang kami bercanda satu sama lain bahwa kami tidak tahu apakah kami akan bermain melawan Belanda atau Indonesia.”

Sebuah skuad yang diperkuat oleh 10 talenta alami yang sebagian besar keturunan Belanda tetapi kini mewakili Indonesia, siap menghadapi pertandingan yang menggemparkan di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Suntikan Manhin telah memicu perdebatan sengit di kalangan media Asia Tenggara.

Berbicara di sebuah acara di Jakarta pada hari Kamis, Thohir menilai komentar Man menunjukkan betapa mengejutkannya respons tim Vietnam terhadap roster Indonesia.

Dengan kata lain, menurutnya rencana tersebut sudah berjalan.

Wajar jika mereka bingung dengan kebangkitan Indonesia di bawah kepemimpinan saya, tegas Tohir.

“Bagaimanapun, kami juga pernah melawan kekuatan tangguh Vietnam sekali, lima atau enam tahun yang lalu.”

Presiden PSSI Eric Dohir. Foto oleh Facebook/Eric Dohir

Vietnam telah mendominasi Indonesia selama setengah dekade terakhir, hanya kalah sekali pada awal tahun ini di Piala Asia 2023.

Tokoh terkemuka di sepak bola Indonesia dan internasional, Tohir menekankan pentingnya motivasi bersama dan kemampuan beradaptasi, terutama dalam menghadapi kesulitan.

Thohir adalah miliarder Indonesia yang merupakan mantan presiden klub Italia Inter dan menjadi presiden PSSI tahun lalu. Menurutnya, baik Vietnam maupun Indonesia terkadang kebingungan sebelum bertemu, namun kedua tim perlu saling menyemangati dan terus melakukan perubahan setelah masing-masing mengalami kekalahan.

Jurnalis sepak bola internasional telah mengikuti dengan cermat eksperimen Indonesia terhadap pemain naturalisasi, tertarik dengan kinerja tim dan potensi dampaknya terhadap lanskap sepak bola internasional yang lebih luas.

READ  Sebuah panti asuhan di Indonesia berfokus pada penggalangan dana di Williams Lake

Wakil presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) Tran An Tu menyebut upaya naturalisasi ambisius Indonesia sebagai bukti tekad mereka untuk sukses, terutama mengingat tantangan skuad Vietnam yang penuh dengan cedera.

Menanggapi hal tersebut, Mann mengakui energi dan semangat Indonesia yang tak terbatas di lapangan, dan mencatat bahwa daftar pemain berbakat alami mereka yang unggul menghadirkan tantangan tambahan. Namun, bek berusia 27 tahun ini menegaskan kepercayaan diri Vietnam yang tak tergoyahkan, menggarisbawahi kedalaman kualitas dalam skuad mereka sendiri.

Nama-nama beken yang masuk skuad natural Indonesia antara lain bek Jordi Amat, Sandy Walsh, Justin Hubner, Jay Itzes, Nathan Tjoon, gelandang Thom Haye, Mark Cloke, Ivor Jenner, serta striker Rafael Struggle dan Ragnar Oratmakon. Khususnya, Hay dan Oradmagoyan akan absen pada pertandingan leg pertama di Stadion Kelora Bung Karno pada 21 Maret karena menunggu prosedur naturalisasi.

Pertemuan yang menegangkan akan menentukan siapa yang naik ke posisi kedua Grup F.

Indonesia yang baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan, saat ini berada di posisi terbawah grup, tertinggal dua poin dari Vietnam.