Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Perusahaan-perusahaan Indonesia bersiap menghadapi KTT Malaysia-Tiongkok pada tahun 2024 untuk meningkatkan perdagangan dan kerja sama

Perusahaan-perusahaan Indonesia bersiap menghadapi KTT Malaysia-Tiongkok pada tahun 2024 untuk meningkatkan perdagangan dan kerja sama

Oleh Mohammad Iswandi Ghasan Anwar

JAKARTA, 20 Juni (Bernama) — Dunia usaha Indonesia memandang KTT Malaysia-Tiongkok (MCS) 2024 sebagai hal penting untuk mendorong perdagangan dan kerja sama, dan merencanakan delegasi besar untuk KTT akhir tahun di Kuala Lumpur.

Menurut Irika Amelia Rush, Ketua Pengurus Cabang Persatuan Pengusaha Muda Indonesia Cabang Jakarta Barat, pertemuan ini memberikan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk menunjukkan keahlian mereka di bidang kewirausahaan dan inovasi.

“KTT ini memungkinkan mereka untuk terlibat dengan audiens ASEAN dan Tiongkok yang lebih luas, memfasilitasi pertukaran pengetahuan penting dan memperluas jejak global mereka,” kata Rikka Amelia di Seri Keterlibatan Jaringan KTT Malaysia-Tiongkok 2024 hari ini.

Diselenggarakan oleh Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) dan Qube Integrated Malaysia Sdn Bhd, pertemuan puncak selama tiga hari ini akan dimulai pada 17 Desember di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC).

Menandai peringatan 50 tahun hubungan bilateral Malaysia-Tiongkok, pertemuan ini bertujuan untuk memperdalam integrasi ekonomi dan kerja sama antara negara-negara ASEAN dan Tiongkok.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Syed Md Hazrin Teng Husin menekankan peran KTT tersebut dalam mempromosikan hubungan ASEAN, khususnya antara Malaysia dan Indonesia, di tengah perayaan 50 tahun Malaysia dengan Tiongkok.

“Melibatkan ASEAN dalam KTT ini tidak hanya strategis tetapi juga perlu,” katanya, seraya menambahkan bahwa integrasi ASEAN adalah kunci pemulihan ekonomi regional.

Syed Md Hasrin menggarisbawahi peran penting Indonesia, dengan perdagangan bilateral yang kuat mencapai RM111,21 miliar atau US$24,39 miliar pada tahun 2023.

Pidatonya dibacakan oleh Farzami Zarqawi, Wakil Konsul Jenderal Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

READ  Luhut mengingatkan investor Tiongkok untuk menjaga lingkungan Indonesia

Tema konferensi ini, “Kesejahteraan melampaui usia 50 tahun”, disorot oleh direktur pelaksana Cube Integrated Malaysia, Richard Teo, sebagai peluang bagi dunia usaha untuk memperluas jaringan mereka di seluruh wilayah, dengan diharapkan akan dihadiri lebih dari 500 peserta pameran dan 10.000 pengunjung perdagangan.

“Acara ini akan membantu peserta menunjukkan integrasi ekonomi yang berkembang antara Malaysia dan Indonesia, menumbuhkan peluang bisnis baru dan memperkuat kemitraan regional,” katanya.

— nama



BERNAMA menyediakan berita dan informasi terkini yang otentik dan komprehensif yang disebarluaskan melalui kabel BERNAMA; www.bernama.com; Bernama TV di saluran Astro 502, Unify TV 631 dan MyTV 121 IFLIX dan Bernama Radio di FM93.9 (Klang Valley), FM107.5 (Johor Bahru), FM107.9 (Kota Kinabalu) dan FM10000 (Kota Kinabalu) di freK100. 9.

Ikuti kami di media sosial:
Facebook: @bernamaofficial, @bernamatv, @pernamaradio
Twitter: @bernama.com, @Bernama TV, @pernamaradio
Instagram: @bernamaofficial, @bernamatvofficial, @bernamaradioofficial
TIK tok: @bernamaofficial