Oktober 7, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pertamina Indonesia kaji risiko impor minyak mentah Rusia

Seorang pekerja duduk dengan seorang pedagang kaki lima sambil menunggu pelanggan di sebuah pompa bensin milik negara Pertamina di Jakarta, Indonesia pada 22 Agustus 2022. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

JAKARTA, 25 Agustus (Reuters) – Perusahaan energi Indonesia PT Kilang Pertamina International sedang meninjau risiko yang dihadapinya dari membeli minyak mentah dari Rusia, kata kepala eksekutifnya, Kamis.

Indonesia telah melipatgandakan anggaran subsidi menjadi 502 triliun rupiah ($33,87 miliar), dengan beberapa subsidi untuk menjaga harga bahan bakar, tagihan listrik, dan bahan bakar gas cair tidak berubah, tetapi permintaan yang meningkat dan harga minyak mentah global yang lebih tinggi dapat meningkatkan tagihan lebih lanjut.

Pemerintah saat ini sedang menjajaki opsi kebijakan untuk harga bahan bakar bersubsidi dan beberapa anggota parlemen minggu ini menyerukan impor minyak mentah Rusia yang lebih murah. Baca selengkapnya

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Dalam hal ini, kami sedang mengevaluasi risiko dan mitigasinya,” kata Taupik Adityavarman, CEO PT Kelang Pertamina International, anak perusahaan pengilangan PT Pertamina.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dalam sebuah video yang diposting di akun Instagram-nya selama akhir pekan, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno mengatakan Indonesia telah ditawari minyak mentah Rusia dengan diskon 30%, dan bahwa Presiden Joko Widodo sedang mempertimbangkannya tetapi khawatir tentang sanksi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa ini adalah masalah bisnis-ke-bisnis, tetapi para pejabat sedang bekerja untuk mengamankan pasokan energi.

“Dari sisi pemerintah, dalam konteks diplomasi ekonomi, kami melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa kebutuhan energi dalam negeri dapat difasilitasi melalui berbagai misi diplomatik yang kami lakukan,” katanya.

READ  Gempa berkekuatan 4,3 skala Richter mengguncang Indonesia / Volcano Discovery

Direktur Utama Pertamina mengatakan awal tahun ini bahwa dengan meningkatkan kilang Balongan, perusahaan sekarang dapat memproses minyak mentah Rusia. Baca selengkapnya

($1 = 14.820.000 rupee)

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dilaporkan oleh Bernadette Cristina Munthe, Francesca Nango; Diedit oleh Kirsten Donovan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.