Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Sime Darby dari Malaysia berupaya memperluas bisnis ritel mobil di India, india – CEO

Sime Darby dari Malaysia berupaya memperluas bisnis ritel mobil di India, india – CEO

Logo Sime Darby terlihat di showroom mobilnya di Petaling Jaya, Malaysia pada 30 November 2023. REUTERS/Hasnoor Hussain/Foto File Mendapatkan hak lisensi

Kuala Lumpur/Singapura, November. 30 (Reuters) – Konglomerat industri dan otomotif Malaysia Sime Darby ( SIME.KL ) ingin membangun bisnis ritel mobil mewah di India dan memanfaatkan potensi pertumbuhan kedua perekonomian di india. , kata pejabat puncaknya kepada Reuters.

“Kita tidak bisa mengabaikan India,” kata Chief Executive Officer kelompok tersebut Jeffrey Salim Davidson kepada Reuters.

“Ini merupakan hal besar yang tidak dapat Anda abaikan. Jadi kami mencari peluang di India untuk melihat apakah kami dapat melakukan sesuatu dengan mitra lokal dan memulai bisnis ritel mobil di sana,” tambahnya. India adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia dan perekonomian terbesar kelima di dunia.

Sime Darby juga berencana melakukan ekspansi di negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia, menyusul usaha patungan dengan perusahaan lokal untuk menjual mobil BMW di Jakarta dan Medan, kata Jeffrey.

Sime Darby, yang 35% pendapatannya berasal dari Tiongkok, melihat permintaan mobil mewah tetap kuat meskipun pertumbuhan ekonomi melambat. “Orang Tiongkok punya uang dan mereka masih membeli mobil,” kata Jeffrey. “Masalah di Tiongkok bukanlah masalah permintaan, namun masalah pasokan.”

Produsen mobil di Tiongkok meningkatkan produksinya dengan harapan memperoleh pangsa pasar pascapandemi, yang menciptakan ketidakseimbangan pasokan yang mendorong produsen memangkas harga dan memangkas margin keuntungan bagi dealer ritel.

Didirikan pada tahun 1910, Sime Darby adalah salah satu konglomerat tertua di Malaysia dan memiliki bisnis mulai dari perkebunan hingga manufaktur. Saat ini beroperasi di 17 negara.

Perusahaan ini memisahkan bisnis minyak sawit dan propertinya pada tahun 2017, dan mendivestasikan bisnis lainnya termasuk Ramsay Sim Darby Health Care, yang dijual bulan ini.

READ  PepsiCo telah menangguhkan pembeliannya dari perusahaan Indonesia di tengah tuduhan penipuan

Sime Darby kini fokus pada bisnis industri dan otomotif, termasuk perakitan mobil Porsche di Malaysia dan distribusi kendaraan listrik BYD di Malaysia dan Singapura.

Pada bulan Agustus, mereka mengumumkan akan membeli 61,2% saham produsen mobil Malaysia UMW Holdings ( UMWS.KL ) – yang merakit mobil Toyota di Malaysia dan memegang saham di produsen mobil lokal Perotua – seharga 3,57 miliar ringgit ($176 7,48). juta).

Jeffrey mengatakan kesepakatan itu akan menjadikan Sime Darby produsen mobil terbesar di Malaysia, menguasai lebih dari 50% pasar mobil negara itu.

“Kami kebanyakan bermain di segmen mewah,” ujarnya. “Dengan melakukan ini, kita tiba-tiba bermain di pasar massal… tiba-tiba, kita melewati rantai nilai.”

($1 = 4,6520 Ringgit)

Laporan oleh Rozanna Latiff di Kuala Lumpur dan Yantoultra Ngui di Singapura; Disunting oleh Miral Fahmi

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensiMembuka tab baru

Yantoultra Ngui adalah koresponden transaksi Asia Tenggara dengan Reuters di Singapura, yang meliput transaksi M&A dan pasar modal di wilayah yang berkembang pesat, yang merupakan tempat menarik bagi investor startup, unicorn, dan IPO. Dia sebelumnya adalah reporter di Bloomberg dan The Wall Street Journal. Khususnya, ia adalah bagian dari tim WSJ yang meliput skandal keuangan di dana negara Malaysia 1MDB. Yandoultra lulus dari Universiti Putra Malaysia dengan gelar MBA di bidang Keuangan pada tahun 2010.