Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Perebutan kekuasaan ketika Tiongkok, Jepang, dan Indonesia beralih ke energi terbarukan

Perebutan kekuasaan ketika Tiongkok, Jepang, dan Indonesia beralih ke energi terbarukan

Penulis buku: Yuen Yong Leong
Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN)

Tiongkok adalah pemimpin dunia dalam energi terbarukan

Investasi mengalir ke hampir separuh negara di dunia Total biaya rendah karbon Hanya untuk tahun 2022. Namun demikian, hal ini merupakan contoh yang baik mengenai kontradiksi yang menentang upaya global untuk melakukan dekarbonisasi sebagai bagian dari upaya memerangi perubahan iklim.

546 miliar dolar AS dibuat Tiongkok Pasar energi terbarukan terbesar di duniaTingkatkan kapasitasnya Hampir 1,2 terawatt – Setara dengan iluminasi 120 miliar lampu LED.

Tiongkok juga cepat dalam mengurangi intensitas konsumsi energinya 28,7 persen antara tahun 2011 dan 2020dan memainkan peran utama dalam kerja sama global dengan mendorong pembangunan berkelanjutan di negara-negara peserta. Inisiatif Sabuk dan Jalan.

Meskipun hasilnya luar biasa, Tiongkok terus membangun pembangkit listrik tenaga batu bara baru Tingkat yang mencengangkan. Jumlah pembangkit listrik tenaga batu bara yang mulai dibangun mencapai enam kali lebih banyak dibandingkan negara-negara lain di dunia, dengan rata-rata dua pembangkit listrik baru per minggu pada tahun lalu.

Hal yang menghibur di sini adalah bahwa Tiongkok menutup pembangkit listrik tenaga batu bara yang kecil dan berpolusi tinggi dan memasang pembangkit listrik yang lebih besar dan tidak menimbulkan polusi.

Tiongkok tidak sendirian – kontradiksi semacam ini tersebar luas di seluruh dunia, terutama di negara-negara di dunia Jepang, India, india, dan Vietnam.

Pembangkit listrik tenaga batu bara sangat mencemari lingkungan karena mengeluarkan sejumlah besar gas rumah kaca seperti karbon dioksida. Mereka juga mengeluarkan polutan lain seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan dan kesehatan lainnya.

PBB sedang membicarakan aksi iklim Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 13.

READ  17 WNI 'selamat dan sehat' setelah kapal tanker Korea ditumpangi perompak

SDG 13 berfokus pada tindakan untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, termasuk kejadian cuaca ekstrem, kenaikan permukaan laut, dan pencairan lapisan es. Hal ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, beradaptasi terhadap dampak perubahan iklim, membangun ketahanan dan menciptakan kesadaran tentang perubahan iklim.

Istilah aksi iklim mencakup banyak aktivitas seperti pengurangan penggunaan energi, konservasi air, daur ulang dan pembuatan kompos, penanaman pohon, dan pengurangan transportasi bermotor. Mendukung bisnis yang memasukkan keberlanjutan ke dalam DNA mereka, serta meningkatkan transportasi aktif, termasuk berjalan kaki dan bersepeda.

Lambatnya kemajuan dalam dekarbonisasi seringkali dipicu oleh kurangnya kemauan politik, sehingga menyebabkan rendahnya kesadaran masyarakat. Hal sebaliknya juga benar.

Hanya pada tahun 2021 57 persen Sebanyak 12.096 responden survei global percaya bahwa rekam jejak dan sikap kandidat politik terhadap aksi iklim memengaruhi keputusan mereka dalam memilih.

Hal ini menggarisbawahi perlunya keterlibatan masyarakat yang lebih besar, sehingga para politisi semakin bertanggung jawab atas kontribusi legislatif dan investasi publik mereka dalam aksi iklim.

Indo-Pasifik adalah rumah bagi negara-negara dengan tingkat pembangunan dan prioritas yang berbeda-beda, namun semuanya terkena dampak perubahan iklim. Banyak negara mempunyai tindakan yang bertentangan dalam menanggapi perubahan iklim karena dilema antara pertumbuhan dan pengurangan karbon.

Tenaga Surya: Tantangan Mobil Tenaga Surya Global 2023

Pada November 2022, Indonesia mengadopsi Kesepakatan 20 miliar USD Membantu pembangkit listrik tenaga batubara pensiun dini, mengurangi dampak ekonomi dan meningkatkan energi terbarukan. Kesepakatan tersebut memerlukan pinjaman, hibah dan instrumen keuangan lainnya dari Amerika Serikat, Jepang, Citigroup dan Bank of America.

Meskipun ada bantuan internasional, Indonesia tetap bertahan Klausul pengecualian atas komitmennya untuk menghentikan pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara baru. Larangan ini tidak berlaku bagi pabrik-pabrik yang sudah direncanakan untuk ‘proyek strategis nasional’ seperti kawasan industri hijau terbesar di dunia di Kalimantan Utara.

READ  Sekitar 60,9% pemilih Indonesia di Singapura memilih Prabowo, kandidat terdepan dalam pemilihan presiden.

Biaya tinggi juga menjadi hambatan untuk melakukan transisi ke perekonomian rendah karbon, karena banyak negara kekurangan sumber daya. Di negara berkembang, khususnya negara kepulauan kecil, tantangannya sangat berat.

Berinvestasi di Asia Tenggara Sekitar 210 miliar dolar AS Tahun sebelum tahun 2050 adalah membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5°C. Investasi ini 2,5 kali lebih besar dari rencana pemerintah negara-negara Asia Tenggara untuk mencapai target mereka.

Ada juga tantangan teknis dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Cara yang lebih efisien untuk menyimpan energi terbarukan harus dikembangkan.

Contoh lainnya termasuk penangkapan dan penyimpanan karbon serta fusi nuklir. Material canggih masih dalam tahap awal pengembangan, namun menjanjikan efisiensi aliran, meningkatkan keselamatan dan mengurangi biaya panel surya, turbin angin, penyimpanan energi, penangkapan dan penyimpanan karbon, serta fusi nuklir.

Kebutuhan akan perencanaan yang bermakna dan implementasi yang efektif sudah jelas. Inilah yang dipromosikan dan dimobilisasi oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Misalnya saja Proyek Masa Depan Hijau ASEAN – sebuah kolaborasi antara ClimateWorks Center dan para peneliti di Asia Tenggara – membangun landasan analitis untuk dekarbonisasi energi regional yang inklusif. Hal ini memanfaatkan skala ekonomi, sumber daya bersama, pembuatan kebijakan yang terkoordinasi, dan peningkatan kerja sama dalam perdagangan listrik lintas batas.

Program ini memperkuat pertukaran pengetahuan regional dan membantu negara-negara anggota ASEAN membentuk dan menerapkan transisi ekonomi ramah lingkungan dengan lebih baik.

Hal ini memungkinkan keterlibatan kolaboratif dengan para pengambil keputusan di Asia Tenggara, menerjemahkan bukti dari analisis menjadi tindakan yang ditargetkan dan terukur.

Membangun kemauan politik yang lebih besar untuk melakukan dekarbonisasi melibatkan peningkatan kesadaran akan krisis iklim, menunjukkan manfaat dekarbonisasi yang berarti, membangun koalisi dukungan, memilih pemimpin yang mendukung dekarbonisasi yang berarti, dan pada akhirnya meminta pertanggungjawaban para pemimpin.

READ  Dua minggu di bawah pengawasan di Indonesia, sementara Mesir mengeluarkan fatwa melawan kemenangan epik atas konten "Penghancuran Ka'bah"

Paradoks pertumbuhan-dekarbonisasi menunjukkan bahwa permasalahan iklim tidak dapat diselesaikan hanya dengan solusi materialistis, dan tidak mengatasi meningkatnya kecanduan konsumsi.

Kemajuan umat manusia harus beralih dari fokus ke luar pada konsumsi dan perluasan wilayah ke fokus ke dalam yaitu membangun hubungan yang baik antara manusia dan alam semesta.

Hal ini memerlukan pembelajaran dari tradisi kebijaksanaan kuno—ajaran yang diwariskan dari generasi ke generasi. Mereka menawarkan wawasan tentang kondisi manusia, cara menjalani kehidupan yang baik, dan hubungan antara manusia dan semua spesies lainnya.

Saat kita berupaya mencapai SDG 13, hal ini akan berguna untuk memandu penggunaan kekuatan teknis dan politik dalam aksi iklim.

Yuen Yong Leong Dia adalah Direktur Studi Keberlanjutan di Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN). Ia juga seorang profesor di Sunway University.

Artikel ini adalah bagian dari laporan khusus tentang ‘Keadaan SDGs’ Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN).

Awalnya diterbitkan di bawah Kreatif Bersama Oleh 360 informasi™.

Dengarkan podcast Debunks

Apakah aki mobil listrik meledak? Akankah mobil listrik merusak akhir pekan saya? Dapatkan fakta tentang mobil listrik. Dengarkan sekarang.