Juni 17, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pemerintah Indonesia sedang melakukan pitching pengembangan modal nusantara kepada investor Singapura

Pemerintah Indonesia sedang melakukan pitching pengembangan modal nusantara kepada investor Singapura

Rabu (31/5), foto bersama pemerintah Indonesia, perwakilan Singapura, dan pengusaha Singapura/Sucipto/Kompas.com dilakukan di Ibu Kota Nusantara, Titik Nol.

JAKARTA, Indonesia – Dalam upaya menarik calon investor ke Archipelago Capital (IKN), pemerintah Indonesia baru-baru ini mengunjungi lokasi pembangunannya, menyambut pejabat dan 130 pengusaha dari Singapura.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran langsung tentang perkembangan IKN dan mengajak investor untuk berpartisipasi dalam pembangunan ibu kota baru.

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Ketua Satgas Percepatan Investasi di IKN, secara pribadi memandu delegasi Singapura dan pengusaha selama kunjungan tersebut.

Para pengusaha Singapura itu didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Duta Besar RI untuk Singapura Suryopradomo, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng, dan Ketua Komisi IKN Bambang Susandono.

Tim berkesempatan menjelajahi tiga lokasi utama di lokasi pembangunan IKN, antara lain Titik Nol IKN, Poros Nasional Sisi Barat, dan kompleks perumahan pekerja konstruksi.

Luhut Binsar Pandjaitan menekankan potensi investasi strategis IKN bagi pengusaha, dengan menyoroti undang-undang yang ada yang mendukung transfer modal dan memastikan kelangsungan proyek terlepas dari pergantian kepemimpinan.

Pemerintah telah mengidentifikasi sembilan lokasi investasi yang dikenal sebagai IKN dari Area Proyek (WP) 1 hingga WP 9, yang menawarkan berbagai peluang di sektor-sektor seperti energi hijau, bahan bangunan, infrastruktur, transportasi, kesehatan, dan pendidikan.

Untuk memperlancar investasi, pemerintah aktif membebaskan lahan di beberapa kawasan IKN, dengan target selesai pada 17 Juli. Luhut menekankan pentingnya transparansi, pengambilan keputusan berbasis data, dan audit menyeluruh dalam proses pembebasan lahan.

Usai kunjungan ini, Menko Luhut mengagendakan dua kali pertemuan tambahan dengan pengusaha Singapura. Pada 5 Juni mendatang, ia akan mempresentasikan kelayakan dan peluang investasi IKN pada dua forum di Singapura.

READ  Australia menghadapi kelebihan nikel dari Indonesia

Selanjutnya, pada 7 Juli, Presiden Joko Widodo akan berpidato di depan para pengusaha Singapura. Keterlibatan ini adalah bagian dari “Misi Singapura untuk Nusantara” dan berdasarkan komitmen yang diungkapkan selama “Retret Pemimpin” antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada Maret 2022, Singapura menyatakan dukungannya terhadap pengembangan IKN.

Sebagai tonggak penting, Otoritas IKN di bawah Kementerian Pembangunan Nasional Singapura dan Centre for Liveable Cities (CLC) Singapura menandatangani nota kesepahaman untuk mengembangkan kota layak huni dalam IKN pada 16 Maret 2023. Kesepakatan tersebut berfokus pada pengembangan kerja sama. , berbagi pengetahuan dan peningkatan kapasitas, CLC memainkan peran kunci dalam menciptakan kota yang berkelanjutan dan layak huni di ibu kota baru.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng memuji kunjungan tersebut karena telah memberikan pengalaman langsung kepada pengusaha Singapura tentang pengembangan ramah lingkungan IKN yang digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Ia berharap kunjungan tersebut dapat membangkitkan minat dan menarik pengusaha tidak hanya dari Singapura tetapi juga dari ekosistem pengusaha global di Singapura.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Singapura Suryopradomo mengatakan, dua paparan publik tentang IKN telah dilakukan di Singapura, yang telah membangkitkan minat para pengusaha yang ingin mengetahui lebih jauh tentang peluang di IKN.

Suryopradomo menyoroti daya tarik strategis IKN sebagai proyek jangka panjang dengan total nilai investasi sekitar US$32 miliar selama 20 tahun. Saat ini, 24 perusahaan Singapura telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di IKN dan telah mengajukan letter of interest atau letter of intent (LoI) kepada pemerintah Indonesia. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengubah minat awal ini menjadi perjanjian investasi yang konkret, yang dimulai dari LoI hingga Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Investasi.

READ  Asia/Indonesia - Dari Flores ke Turki: Misi Putri Ratu Rosario Suci

Di antara hadirin adalah James Chan, CEO dan salah satu pendiri Ion Mobility, yang berspesialisasi dalam motor listrik. Melihat potensi peluang yang ditawarkan IKN, Chan menyatakan minatnya untuk memperluas pasar perusahaannya ke ibu kota baru. Dia mencatat kemungkinan menjajaki alternatif atau usaha patungan dengan pengusaha lokal untuk membangun kehadiran di wilayah tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyoroti pentingnya kunjungan langsung ke IKN yang memungkinkan calon investor melihat langsung komitmen pemerintah terhadap proyek tersebut. Hingga semester I 2023, dari 75 gelombang pengembangan IKN telah dilakukan 36 gelombang dan akan diluncurkan 39 gelombang pada Juli 2023, ujarnya.

Pemerintah yakin bisa menggelar peresmian IKN pada 17 Agustus 2024 dan progres pembangunan IKN secara keseluruhan saat ini sekitar 29 persen.

Kunjungan IKN ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mendorong investasi di ibu kota baru. Sebelum kunjungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Komisi IKN memberikan presentasi rinci tentang potensi investasi di ibu kota baru, mendorong dialog dan pertanyaan dari para pengusaha.