Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

india dan India adalah tetangga jauh

india dan India adalah tetangga jauh

Ketika kapal selam konvensional kelas Kilo Angkatan Laut India tiba di ibukota Indonesia Jakarta awal tahun ini, seorang penonton Pos Jakarta dulu tergerak untuk berdebat india dan India “berbagi visi yang sama untuk Indo-Pasifik yang inklusif, berbasis aturan, dan berkelanjutan”.

Kedua negara berbagi muka air, memang benar, menghadap Samudera Hindia. Kepulauan Nikobar India terletak 150 kilometer barat laut ujung barat india, Provinsi Aceh. Di tingkat diplomatik, kedua negara tidak diragukan lagi memiliki hubungan yang kuat sejak masa awal kemerdekaan nasional, meskipun analis lain berpendapat bahwa hubungan tersebut lebih tidak seimbang.

Dua negara terpadat di dunia dan dua negara demokrasi terbesar di dunia memiliki ikatan sosial sejak berabad-abad yang lalu. Kepulauan Indonesia sangat dipengaruhi oleh budaya dan masakan India. Indonesia populer Tangdut Musik rakyat dikaitkan dengan genre Hindustan. Baru-baru ini, film dan musik Bollywood telah memenangkan banyak penonton di Indonesia.

Terlepas dari sejarah bersama ini, hubungan orang-ke-orang modern antara kedua negara itu suam-suam kuku.

Jajak pendapat Lowy Institute india menunjukkan bahwa India tidak baik dalam cara pandang orang Indonesia terhadap dunia.

Pertama-tama, tidak ada penerbangan langsung antara india dan India. Maskapai nasional dengan janin Indonesia Sekali terbang antara Jakarta dan New Delhi tetapi hanya berlangsung dua bulan sebelum layanan tersebut dihentikan pada tahun 2016. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia kata baru-baru ini Dia berharap penerbangan langsung akan dilanjutkan tahun ini untuk memfasilitasi wisatawan India. Dibandingkan wisatawan dari negara lain, jumlah wisatawan India yang berkunjung ke Indonesia relatif sedikit. Informasi Lebih dari 4% turis asing yang berkunjung ke negara itu adalah orang India, lebih banyak daripada turis dari Malaysia (15%), Australia (13%) atau Singapura (13%). Wisman Indonesia bahkan bukan persentase dari seluruh wisman yang berkunjung ke Tanah Air 10 besar.

READ  Lima kesepakatan dicapai pada AEM ke-55: Menteri Perdagangan RI
Band dangdut “Ken Arok” tampil untuk pasukan Indonesia di Semarang pada bulan Oktober (WF Sihardian/NurPhoto via Getty Images).

Belakangan ini, kehadiran orang Indonesia keturunan India juga sudah jarang dirasakan. Di negara tetangga Singapura Atau Malaysia, beberapa kantong sosial India – dikenal sebagai Little India – dapat ditemukan. Di Indonesia, hanya ada dua Little India yang dikenal: Jakarta Pusat dan Inside KapanPenduduk dari etnis lain seperti Cina atau Melayu lebih banyak daripada orang Indonesia yang berasal dari India.

Pengaruh politik masyarakat Indonesia-India juga sangat kecil. Sampai saat ini, belum ada orang Indonesia keturunan India yang memegang jabatan politik seperti menteri, gubernur, atau walikota, tidak seperti pengalaman di Singapura atau Malaysia.

Itu Survei Lowy Institute Indonesia 2022 Ini juga menunjukkan bahwa India, sebagai sebuah negara, tidak berpihak pada cara pandang orang Indonesia terhadap dunia. Jajak pendapat menunjukkan bahwa hanya 41% orang Indonesia Pernyataan Keyakinan Di India, turun 17 poin dari jajak pendapat Lowy sebelumnya pada 2006.

Tapi selalu ada pengecualian. Orang Indonesia asal India terkenal di bisnis film dan televisi. Hal-hal yang masih menghubungkan orang adalah bahasa dan film.

Bahasa india diperkirakan telah meminjam 750 kata dari bahasa Sansekerta yang aslinya berasal dari India dan merupakan salah satu dari 22 kata. Bahasa Terjadwal India. Film Bollywood masih memiliki tempat khusus di kalangan pecinta film Indonesia. Menurut survei Lowy yang sama, 14% orang Indonesia mengatakan bahwa mereka paling menyukai budaya pop India, diikuti oleh budaya pop Jepang (10%), tetapi juga budaya pop Korea Selatan (20%) dan budaya pop Amerika (15%). Film-film Bollywood menjadi populer di Indonesia pada tahun 1990-an, dengan puncak film pada tahun 1998. Kuch Kuch Hota Hai Superstar Shah Rukh Khan dirilis dan menjadi sukses besar. Drama TV India juga baru-baru ini mendapatkan popularitas di Indonesia.

READ  Pengundian Piala Dunia U-20 FIFA di Indonesia ditunda di tengah masalah partisipasi Israel

Tapi singkirkan popularitasnya, dan sulit dipercaya bahwa India dan Indonesia pernah begitu dekat.