Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Partai berkuasa di Indonesia mencalonkan menteri yang disegani itu sebagai calon presiden

Partai berkuasa di Indonesia mencalonkan menteri yang disegani itu sebagai calon presiden

Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo disambut oleh pekerja migran Indonesia di Hong Kong, Tiongkok pada 30 April 2017. REUTERS/Bobby Yip/Foto File Dapatkan hak lisensi

JAKARTA, 18 Oktober (Reuters) – Partai berkuasa di Indonesia pada hari Rabu mengatakan bahwa pasangan calon presidennya adalah seorang menteri kabinet senior yang dihormati, ketika para petinggi politik membentuk aliansi menjelang batas waktu pendaftaran pemilu 2024.

Negara demokrasi terbesar ketiga di dunia ini akan mengadakan pemungutan suara pada bulan Februari untuk menggantikan Presiden Joko Widodo, atau yang biasa disapa Jokowi, yang diperbolehkan menjabat maksimal dua periode.

Kandidat presiden Partai Demokrat Indonesia-Pakistan (PDI-P) yang berkuasa, Kanjar Pranovo, akan bekerja sama dengan menteri pertahanan, yang umumnya dikenal sebagai Mahfut MD, kata pemimpin partai Megawati Sukarnoputri.

“Beliau bisa menjadi penengah yang baik di tengah persaingan politik dan bisnis yang seringkali terasa tidak adil,” ujarnya dalam acara PDI Perjuangan di Ibu Kota, Jakarta.

Mahfud MD, 66 tahun, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan dikatakan dekat dengan Megawati oleh kalangan politik, adalah kritikus vokal terhadap korupsi. Nama aslinya adalah Mohammed Mahfud Mahmoodin tetapi ia telah dikenal sebagai Mahfud MD selama beberapa dekade.

Jokowi yang juga anggota PDI-P namun memiliki hubungan dekat dengan Megawati, tidak menghadiri acara pesta tersebut karena sedang menghadiri konferensi di China.

Jajak pendapat menunjukkan Kanjar, mantan gubernur provinsi Jawa Tengah, bersaing ketat dengan Menteri Pertahanan berusia 72 tahun, Prabowo Subianto, yang mencalonkan diri untuk ketiga kalinya sebagai presiden setelah kalah dari Jokowi pada tahun 2014 dan 2019.

Prabowo belum mengumumkan pasangannya, namun ada spekulasi bahwa ia akan berpasangan dengan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raqqa, terutama setelah Mahkamah Agung minggu ini memutuskan kriteria kelayakan yang memungkinkan pria berusia 36 tahun itu untuk mencalonkan diri. 2024.

READ  Nestlé menghentikan pasokan dari produsen minyak sawit Indonesia AAL

Beberapa partai besar dijadwalkan mengadakan pertemuan pada hari Rabu, sehari sebelum para kandidat dan pasangannya mendaftarkan platform mereka dan menyerahkannya ke Komisi Pemilihan Umum. Pendaftaran ditutup pada 25 Oktober.

Mantan Gubernur Jakarta Anis Baswedan mencalonkan diri sebagai presiden, namun tertinggal dalam jajak pendapat.

Laporan oleh Stanley Vidianto dan Ananda Theresia; Oleh Kanupriya Kapoor; Disunting oleh Miral Fahmy, Robert Birzel

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru