April 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Jokowi mengatakan pameran dagang Indonesia membuka peluang bagi pasar non-tradisional

Tempo.co, JakartaPresiden Joko”JokowiWidodo resmi membuka Pameran Internasional Trade Fair Indonesia (TEI) ke-38 di Tangerang, BSD City pada Rabu, 18 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition. Ia menegaskan, pabrikan Indonesia harus berdaya saing dan menguasai pasar.

Kita tidak boleh lengah. Kita tidak boleh sekedar menjadi pasar. Kita harus menjadi kompetitor, pelaku penguasa pasar, dan produsen,” ujarnya dalam pidato virtualnya di pameran dagang Indonesia ke-38, Rabu.

Ia mengatakan, pameran tahun ini membuka peluang pasar bagi pasar non-tradisional. “Selanjutnya saya informasikan bahwa acara tahun ini akan fokus pada pembukaan peluang pasar dari pasar non-tradisional seperti Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika, baik secara offline maupun online,” imbuhnya.

Trade Expo Indonesia, menurutnya, memungkinkan eksportir lokal bisa bertemu langsung dengan calon pembeli yang ingin melihat produknya dan bernegosiasi langsung. “Hal ini memudahkan komunikasi dan membuka lebih banyak peluang transaksional,” ujarnya.

Kepala Negara mengapresiasi Kementerian Perdagangan yang telah menyelenggarakan event internasional tersebut. “Ini sangat bagus, saya berharap dapat terus mendorong diversifikasi pasar dan perluasan pasar sehingga pengusaha Indonesia, UMKM Indonesia, dan industri manufaktur lokal Indonesia dapat maju dan menjadi bagian penting dalam rantai pasok global,” kata Jokowi.

Trade Expo Indonesia merupakan pameran dagang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan. TEI tahun ini dilaksanakan pada 18-22 Oktober 2023 di ICE BSD City, Tangerang secara hybrid dan online pada 18 Oktober hingga 18 Desember 2023 melalui situs resmi www.tradexpoindonesia.com. 11,322 pembeli dari setidaknya 144 negara diperkirakan akan hadir.

Pada perhelatan tahun ini, pameran dibagi menjadi tujuh zona produk: Makanan dan Minuman; rumah tangga; layanan dan digital; kecantikan dan perawatan pribadi; Kimia, Energi dan Industri; peralatan medis dan kesehatan, serta fesyen, tekstil dan aksesoris.

READ  Vale Base Metals akan menginvestasikan $10 miliar di Indonesia selama dekade berikutnya

Dalam kompetisi dagang Indonesia tersebut, Kementerian Perdagangan juga melakukan kegiatan pendukung lainnya seperti trade match, konsultasi bisnis oleh perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri, seminar internasional dan dialog bisnis dengan duta besar negara sahabat.

Johannes Maherso Joharsoy

Seleksi Guru: Trade Fair Indonesia menargetkan 14.700 pembeli potensial

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News