April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Menteri mengatakan TikTok masih melanggar larangan transaksi dalam aplikasi di Indonesia – lapor

Menteri mengatakan TikTok masih melanggar larangan transaksi dalam aplikasi di Indonesia – lapor

Aplikasi video pendek Tiongkok TikTok masih melanggar peraturan Indonesia yang melarang transaksi dalam aplikasi, kata seorang menteri kabinet. Reuters dilaporkan pada hari Selasa.

Menteri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia Teton Mastuki, yang sering bersuara menentang toko TikTok sebelum pelarangan tahun lalu, mengatakan kepada wartawan bahwa TikTok masih tidak mematuhi peraturan.

Menteri Perdagangan harus menegur TikTok agar mematuhi aturan, jika tidak… wibawa pemerintah akan dirongrong, katanya.

Kementerian Perdagangan menyatakan masih mempertimbangkan cara terbaik untuk menanggapi masalah ini.

Perwakilan TikTok di Indonesia belum memberikan tanggapan Reuters Permintaan komentar.

TikTok terpaksa menutup layanan e-commerce TikTok Shop yang baru diluncurkan di Indonesia setelah negara tersebut melarang belanja online di platform media sosial tahun lalu, dengan alasan perlunya melindungi usaha kecil dan data pengguna, tambah laporan itu.

Raksasa teknologi Indonesia GoTo mengatakan bulan lalu bahwa mereka telah mencapai kesepakatan pada bulan Desember yang setuju untuk membeli 75,01 persen TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance Tiongkok, dan Tokopedia seharga $840 juta.

Menurut pernyataan itu, TikTok telah berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari $1,5 miliar di perusahaan yang diperluas tersebut dari waktu ke waktu untuk memberi GoTo pendanaan masa depan yang diperlukan untuk bisnis tersebut tanpa dilusi lebih lanjut.

Pengaturan ini akan memungkinkan TikTok dan GoTo untuk melayani setiap konsumen dan UMKM Indonesia secara lebih komprehensif.

GoTo akan mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan perusahaan yang diperluas dan akan menjadi mitra ekosistem Tokopedia melalui layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan layanan on-demand melalui Gojek.

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan berulang dari Tokopedia yang sepadan dengan skala dan pertumbuhannya.

READ  Hall Hill: Indonesia tidak perlu takut dengan globalisasi

Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode percontohan yang dilakukan melalui konsultasi dan pengawasan ketat dengan regulator terkait.

Kampanye pertama adalah inisiatif Beli Lokal, yang akan diluncurkan pada 12 Desember bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) – sebuah program pemerintah yang dirancang untuk menumbuhkan ekonomi digital Indonesia dengan mendukung UMKM lokal.

Tahun lalu TikTok mengatakan pihaknya berencana menginvestasikan miliaran dolar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, negara dengan perekonomian terbesar di kawasan ini.

Tik Tok Tiongkok akan berinvestasi $1,5 miliar di GoTo Indonesia