Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Makanan Tradisional Indonesia – Paladinate

Makanan Tradisional Indonesia – Paladinate

Oleh Alviani Noor Mahmuda

Di Bali, ‘Nasi Campur’ adalah sesendok nasi, ditemani hidangan lainnya yang disajikan dalam gaya prasmanan kecil. Gambar di atas menunjukkan beberapa kombinasi masakan yang disajikan dengan Nasi Kamper.

(1) Sate lilit atau Sate Daging Cincang merupakan masakan Indonesia yang berasal dari Bali. Daging untuk sate lilit dihaluskan lalu ditusukkan pada tusuk sate. Penggunaan batang serai akan memberikan rasa lebih dibandingkan bambu, dan aromanya akan keluar dengan cara layu. Satu gigitan ke dalam clebon dan Anda akan merasakan ledakan gula manis gula merah di mulut Anda

(2) Telur semur yang artinya ‘rebusan telur harum’ merupakan masakan khas Indonesia karena bahan-bahannya mudah ditemukan. Menggunakan kecap manis dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kayu manis dan pala. Ini semua adalah makanan pokok umum masakan Indonesia.

(3) Peduttu adalah ayam yang direndam dalam gen dasar (bumbu khas Bali). Bumbunya antara lain bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, jahe liar, lengkuas, kemiri, cabai, dan terasi. Ayam dikukus atau dipanggang menggunakan panci presto instan atau oven tradisional. Setiap daerah di Bali mempunyai cara pembuatan bettutu yang unik.

(4) Kering kentang diterjemahkan menjadi ‘kentang kering renyah’ dan disajikan di mana-mana di Indonesia. Berbeda dengan kentang wedges atau kentang goreng, kentang renyah diiris sangat tipis sehingga membuat tekstur kentang lebih renyah.

(5) Sambal Mata adalah bumbu khas Bali. Mata artinya hijau. Semua bahan seperti lemon, bawang merah, bawang putih, jahe, minyak kelapa dan cabai cukup dicincang dan dicampur menjadi satu.

Menurut masyarakat Jawa, warna kuning melambangkan ‘emas’ yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran

Nasi Kuning, ‘nasi kuning’ adalah masakan yang berasal dari Jawa, tepatnya agama Hindu. Kunyit yang digunakan memberi warna kuning pada masakan ini. Menurut masyarakat Jawa, warna kuning melambangkan “emas” yang berarti kekayaan dan kemakmuran, sehingga nasi kuning sering dihidangkan dalam upacara-upacara rutin. Upacara-upacara ini mengungkapkan rasa syukur, khususnya kepada Tuhan, dan menyerupai rasa syukur orang Amerika. Namun nasi kunyit bisa disajikan kapan saja, termasuk saat makan sehari-hari. Menurut masyarakat Jawa, warna kuning melambangkan ‘emas’ yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran.

READ  Industri India mendukung usulan DGTR untuk memberlakukan ADD pada VSF Indonesia

Kleban merupakan jajanan manis asal Indonesia. Klepan terbuat dari tepung ketan yang dibalut dengan isian gula merah dan kelapa parut. Pewarna makanan hijau alami terbuat dari suji dan daun pandan. Satu gigitan ke dalam clebon dan gula manis gula merah menyeruak di mulut saat Anda mengunyah.

Satu gigitan ke dalam clebon dan Anda akan merasakan ledakan gula manis gula merah di mulut Anda

Jajanan kaki lima malam di Yogyakarta sering disebut Masakan Kutek Merkan karena hanya buka pada malam hari. Kutek ini terbuat dari buah nangka muda, sehingga bisa disebut dengan kuah nangka. Secara tradisional, kutek dimasak dengan cara merebus nangka muda selama berjam-jam dalam periuk tanah liat tradisional Jawa yang diberi bumbu dan daun jati. Daun jati memberi warna coklat pada gudge. Makanan khas Yogyakarta ini manis dan berwarna coklat karena sering dimasak dengan kecap dan gula merah. Namun, masih ada masakan pedas yang dimasak dengan kecap manis atau gula merah sehingga memberikan rasa manis dan pedas.

Kobe bukanlah orang Amerika atau orang kulit hitam panjang. Ini adalah kopi hitam panas. Ya itu betul. Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia, menghasilkan banyak varietas biji kopi termasuk Robusta, Arabika, Liberika dan Excelsa. Arabika dan Robusta adalah yang paling populer. Misalnya Arabika Aceh Gayo yang rasanya asam, Robusta Kalimantan yang rasanya pahit, dan Robusta Flores yang rasanya coklat. Mereka unik tergantung pada varietas dan di mana mereka ditanam. Menikmati kopi di Indonesia sangatlah sederhana, hanya diseduh dengan air panas. Kopi hitam panas. Setiap daerah di Indonesia menempatkan nilai budaya tersendiri pada kopi. Di Kalimantan, kopi memiliki arti perlindungan, sehingga kita bisa meminum kopi dan tidak menolaknya saat berkunjung. Sedangkan dalam budaya tradisional Jawa di Bali, kopi sering dihidangkan bersama sesaji makanan untuk ibadah atau ritual biasa.

READ  YouTube Village 'Bintang Video Domestik Bank Indonesia | Kehidupan

Gambar: Alviani Noor Mahmuda