Oktober 8, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Pencurian Turis Indonesia di AS, Kerugian Mencapai Rp 1,2 Miliar

Jangan lewatkan – 18 Bali di Amerika, 40 koper dari truk sewaan dicuri.

Insiden itu terjadi saat truk diparkir di sebuah hotel di Montana. Kerugian mencapai US$88 ribu atau Rp1,2 miliar.

Menurut laporan kasus yang dirilis polisi setempat, pencurian itu terjadi pekan lalu (10/8/2022) sekitar pukul 02.00 waktu setempat di tempat parkir hotel Extended Stay America di pusat kota Billings.

Polisi setempat menerima laporan “aktivitas mencurigakan” dari petugas hotel. Saat berpatroli di tengah malam, petugas mengamati sebuah truk U-Haul yang diparkir terkunci di kompleks hotel.

Namun ketika patroli kembali dua jam kemudian, mereka menemukan pintu truk terbuka dan bagian belakang kosong, menurut laporan kasus yang dibacakan VOA.

Petugas melihat kendaraan di dekatnya dan seseorang memasuki kendaraan, kata laporan itu. Tidak ada rincian lebih lanjut dan tidak ada kamera CCTV di tempat itu.

Sebanyak 18 orang Indonesia asal Bali saat ini mengikuti Sturgis Motorcycle Rally di South Dakota, Amerika Serikat.

Anggota Bali Indonesia Bikers berbaris sekitar 2.500 km dengan 10 sepeda motor dan 1 truk sewaan yang sarat dengan perbekalan.

Perjalanan dimulai di Seattle, Negara Bagian Washington dan berakhir di Rapid City, South Dakota. Mereka tinggal di tiga negara bagian, termasuk Montana.

“U-Haul (truk) itu menampung barang-barang kami. Jadi di setiap pemberhentian, kami selalu hanya meninggalkan apa yang kami butuhkan,” lapor ketua tim Tommy Indraji, dari VOA, Jumat (19/8/2022).

Namun, pencurian tersebut diduga terjadi saat ia sedang beristirahat di sebuah hotel di Montana.

“Kami check-in di hotel jam 10 (malam). Saya baru bisa masuk kamar jam 11 (malam) karena ramai. Kami berangkat jam 7 pagi. Greg (travel partner) yang pertama memberi tahu saya bahwa koper itu sudah tidak ada lagi di (truk) U-Haul,” jelas Tommy.

READ  Pria Indonesia positif COVID-19 dari 5 orang yang ditangkap di Changi karena masuk secara ilegal

Awaknya menghubungi polisi lagi untuk melaporkan barang-barang yang hilang, termasuk uang tunai ribuan dolar, tiga jam tangan Rolex, jam tangan Lamborghini, empat tas Louis Vuitton, beberapa laptop dan perangkat elektronik, pakaian, sepatu, kartu identitas, dan banyak lagi. . Yang lain.

Menurut laporan kasus lanjutan, kerugiannya adalah $88 ribu atau Rp1,2 miliar.

“Bagi kami itu namanya kejahatan, kalau soal kejujuran, karena kami warga negara agama, kami harus jujur.” Mereka berkata.

Namun, dia meminta polisi mengusut tuntas kasus tersebut.

“Sayang karena hotelnya bagus, lingkungannya bagus, kita tidak di daerah kumuh, bagaimana ini bisa terjadi di Amerika?” kata Tomy.

Konsulat Republik Indonesia di San Francisco, termasuk Montana, menerima laporan atas kejadian tersebut.

KJRI SF juga mengirimkan surat ke Polsek Billings meminta mereka untuk melanjutkan penyelidikan dan melaporkan perkembangannya.

Saat ini, semua orang Bali berada di New York City dengan peralatan yang minim. Sebagian besar dari mereka akan kembali ke Bali minggu ini.