Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Forum Redaksi Senior Jalin Kolaborasi Ruang Redaksi Jelang Pemilu Indonesia 2024

Forum Redaksi Senior Jalin Kolaborasi Ruang Redaksi Jelang Pemilu Indonesia 2024

Forum ini dimulai dengan diskusi malam hari antara para analis politik, akademisi, organisasi masyarakat sipil, platform media sosial, dan perwakilan media mengenai tren yang muncul dalam penggunaan teknologi dan tantangan disinformasi serta penggunaan narasi dalam sistem hukum. Direktur Eksekutif PERLUDEM, Manajer Kebijakan Publik META Indonesia, Pembawa Acara Podcast Mingguan Reformasi dan Asisten Profesor Kebijakan dan Manajemen Publik di Monash University menyoroti pentingnya inisiatif literasi digital dan pendidikan pemilih serta pendekatan kolaboratif dalam pemantauan kolektif. Pengecekan fakta dan penilaian risiko.

Dalam hal ini, META Indonesia menyoroti peran Aliansi Damai yang mencakup 12 organisasi masyarakat sipil independen yang dibentuk sebagai bagian dari Program Perdamaian Media Sosial 4 yang didanai oleh Uni Eropa dengan dukungan UNESCO. Dalam konteks pemilu daerah pada bulan November 2024, yang memerlukan pemahaman mendalam tentang konteks dan bahasa lokal, para pembicara memperingatkan akan tantangan dalam menangani disinformasi di tingkat lokal. CEO dan penerbit The Conversation di Indonesia, yang menjadi moderator dalam diskusi tersebut, mengakhiri diskusi dengan positif dengan menyoroti upaya-upaya inovatif yang dilakukan oleh masyarakat sipil. Pilihlah dengan bijak.

Forum hari kedua, yang dirancang khusus untuk editor senior, menggabungkan diskusi substantif dan lokakarya praktis untuk mengidentifikasi alat dan pendekatan konkret untuk menjaga independensi editorial, mengatasi disinformasi, dan meningkatkan keselamatan pekerja media. Sesi ini masing-masing dipandu oleh Internews, BBC Media Action dan Narasi TV. Berbagai pembicara dan peserta menyampaikan kebutuhan media berskala besar di kota-kota besar (Jabodetabek dan di luar Jabodetabek) dan media sosial di daerah terpencil, berdasarkan praktik terbaik di tingkat nasional, regional, dan global. Selain wilayah Jabodetabek, forum ini juga melibatkan para guru dan pengelola senior dari Bali, Papua, Maluku Utara, Sumatera Barat, Aceh dan Sulawesi Selatan, serta Jawa Timur dan Barat.

READ  'Aplikasi super' Indonesia: Apakah itu pemborosan statistik...