Januari 28, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kereta panorama pertama di Indonesia menghubungkan Jakarta, Yogyakarta

Tempo.co, Yogyakarta – SOperator kereta api milik negara PT Kereta Api Indonesia (Kai) secara resmi mengoperasikan kereta panorama pertama di negara itu, menawarkan jalur kereta yang indah kepada penumpang. Kereta tersebut menghubungkan Gambir Jakarta dan Yogyakarta dengan harga tiket mulai dari Rp750.000.

“Kereta panorama merupakan kereta dengan fitur khusus untuk menikmati panorama. Ini yang pertama di Indonesia,” kata Manajer Humas KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, Minggu, 25 Desember 2022.

Inovasi KAI ini memiliki jendela besar di kedua sisinya dan atap kaca yang dapat membuka dan menutup secara otomatis sehingga penumpang dapat menikmati pemandangan selama perjalanan. Kereta memiliki kursi putar, tirai jendela yang dikendalikan dari jarak jauh, toilet luas dengan sensor otomatis, televisi di ujung kereta dan rak bagasi khusus di ujung kereta.

“Penumpang akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut gratis,” kata Franodo.

KAI saat ini memiliki dua unit kereta api panorama, penemuan Balai Yasa Surabaya Kupeng dan berencana menambah kereta api lagi.

“Kereta Panorama merupakan inovasi satu-satunya dari KAI yang akan meningkatkan pelayanan selama liburan Natal dan Tahun Baru ini. Masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan berdasarkan tarif dan pelayanan,” ujar Franodo.

Itu Kereta panorama Mulai beroperasi pada 24 Desember 2022, terhubung dengan KA tambahan Taksaka (Kambir – Yogyakarta). Layanan ini akan tersedia hingga 8 Januari 2023. Dalam setiap perjalanannya, kereta tersebut memiliki 46 tempat duduk.

MUH. Saifullah

Klik disini Dapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

READ  Olimpiade Tokyo: Pebulu tangkis Indonesia Jonathan Christie Kovid bermain untuk saudaranya yang terkena dampak