Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Kawasan manfaat perdagangan Sino-Indonesia, dunia

Seorang pengunjung berswafoto di sebuah pameran mobil yang menampilkan kendaraan buatan pabrikan China Dongfeng Xiaogang di Tangerang, Indonesia pada bulan Agustus. [Photo/XINHUA]

Kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Indonesia yang lebih dekat akan menguntungkan kedua negara dan menambah pertumbuhan baru pada ekonomi regional dan global, kata para pakar dan pemimpin bisnis. .

Sejak Zhulong Group yang berkantor pusat di Tianjin mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2006, perusahaan ini telah membangun hampir 66.700 hektar perkebunan kelapa sawit. Perusahaan mengoperasikan empat pabrik kelapa sawit, dua pabrik penghancur inti sawit, satu pabrik pengemasan dan delapan pelabuhan sungai di negara Asia Tenggara tersebut.

Nilai total minyak sawit dan produk lainnya di tujuh pabriknya diperkirakan mencapai 1,6 miliar yuan ($230 juta) tahun ini. Dari jumlah tersebut, minyak inti sawit dan bungkil kelapa sawit senilai 300 juta yuan diharapkan akan diekspor ke China, sedangkan sisanya akan dijual di pasar Indonesia, kata Lee Wenzong, CEO perusahaan cabang Indonesia.

Menurut Kementerian Luar Negeri China, perdagangan bilateral antara China dan Indonesia akan mencapai $124,43 miliar pada tahun 2021, meningkat hampir 60 persen dari tahun ke tahun.

Indonesia juga merupakan tujuan investasi keluar terbesar kedua China di Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara tahun lalu.

“Berkat hubungan bilateral yang kuat antara China dan Indonesia, kepercayaan investor China terhadap Indonesia semakin meningkat, memberikan dorongan untuk kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara,” kata Lee.

Sebagai negara terpadat keempat di dunia, Indonesia tidak hanya memiliki sumber daya yang kaya, tetapi juga pasar yang sangat besar bagi perusahaan China untuk memanfaatkan kerja sama investasi dan perdagangan yang saling menguntungkan.

Xu Ningning, ketua eksekutif Dewan Bisnis China-ASEAN, mengatakan kerja sama antara kedua negara telah memberikan kebijaksanaan yang berharga tidak hanya bagi kawasan tetapi juga bagi dunia untuk menghadapi tantangan dan masalah saat ini.

Indonesia meratifikasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional pada 30 Agustus, dan perjanjian tersebut akan mulai berlaku di negara tersebut akhir tahun itu. Menurut Xu, ini akan membantu negara menarik lebih banyak investasi di industri hilir, terutama di sektor pengolahan bahan.

RCEP mulai berlaku pada 1 Januari, menciptakan blok perdagangan bebas terbesar di dunia.

Zhou Mi, seorang peneliti senior di Chinese Academy of International Trade and Economic Cooperation di Beijing, mengatakan bahwa China dan Indonesia memiliki kerja sama yang baik dalam integrasi rantai pasokan dan industri, pembangunan infrastruktur dan pengembangan e-commerce karena mereka memiliki keunggulan penawaran dan permintaan yang berbeda. .

Para ahli mengatakan keduanya harus lebih memperdalam kerja sama Sabuk dan Jalan dan memastikan implementasi yang lebih baik dari proyek kerja sama besar – misalnya pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung yang berkualitas tinggi – dan meningkatkan kerja sama di sektor kesehatan dan farmasi. profesi.

Pembuat vaksin China, Sinovac Biotech, mengatakan Indonesia adalah salah satu negara pertama yang menyetujui vaksin COVID-19 buatannya, dan sejak saat itu perusahaan telah mendukung program vaksinasi berskala besar di Indonesia.

Indonesia telah mengirimkan lebih dari 280 juta dosis vaksin Covid-19, di mana lebih dari 130 juta dosis diekspor sebagai vaksin curah untuk diproses dan dikemas secara lokal.

Apogen Biosciences China berencana untuk membentuk usaha patungan di Indonesia dengan perusahaan biotek Indonesia Etana untuk memanfaatkan pasar farmasi negara tersebut dan mempercepat strategi globalnya, sambil membantu Indonesia mengembangkan sektor biomedisnya.

Perusahaan telah mentransfer teknologi pembuatan vaksin mRNA Covid-19 ke Etana. Hal ini menjadikan Indonesia salah satu dari sedikit negara yang dapat mengembangkan produk farmasi kelas atas melalui teknologi mRNA.

READ  Urutan pemicu hak anti-rock Indonesia