Februari 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia menarik wisatawan ke destinasi baru di luar Bali

Indonesia menarik wisatawan ke destinasi baru di luar Bali

Danau Toba

Pada roadshow ‘Indonesia Sales Mission’ di Mumbai baru-baru ini, TTJ berbincang akrab dengan Wakil Menteri Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Ni Mate Ayu Martini. Dalam sesi tersebut, Martini bermaksud untuk menegaskan pentingnya Indonesia di luar Bali.

– Prashant Naik

Terletak di Cincin Api Samudera Pasifik, Indonesia terkenal dengan keanekaragaman bentang alamnya, termasuk sawah di Bali dan gedung pencakar langit di Jakarta. Dari hutan hujan lebat di Kalimantan hingga pantai-pantai yang bermandikan sinar matahari di Sumatera, Indonesia adalah tujuan wisata yang menarik bagi pecinta pantai, budaya, dan alam.

Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau, dan yang mengejutkan, Bali menarik sekitar 40 persen pengunjung tahunan negara tersebut. Bali kini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Asia dan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Indonesia. Sedangkan di Indonesia, orang India juga memilih Bali sebagai tujuan liburan pertama mereka karena menawarkan sesuatu untuk setiap pengunjung, mulai dari kuil dan pantai hingga pemandangan memukau dan aktivitas laut. Berbeda dengan sebelum pandemi, kini di Bali wisatawan India menduduki peringkat kedua setelah Australia.

Ni-made-au-martini

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia berupaya melakukan diversifikasi ke luar Bali. Martini berkata, “Ya, kami membedakan penawaran kami. Kita tidak bisa hanya mengandalkan destinasi terkenal seperti Bali. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia fokus mengembangkan destinasi baru untuk memperkaya lanskap pariwisata. Pemerintah telah mengidentifikasi sepuluh lokasi baru dengan fokus utama pada pengembangan bandara dan pelabuhan serta kegiatan terkait. Tempat-tempat ini sangat populer secara lokal, namun kami ingin membuat kehadiran mereka terasa secara global, sehingga memerlukan lebih banyak konektivitas dan promosi.

READ  Hyundai Motor Company adalah produsen mobil terbesar ke-6 di Indonesia

Faktanya, pemerintah telah menargetkan lima destinasi yang dipilih sebagai destinasi ‘super prioritas’ untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi ketergantungan pada Bali sebagai pusat wisata. Tempat-tempat tersebut adalah Mandalika-Nusa Tenggara Parat, Danau Toba-Sumatera Utara, Likubang-Sulawesi Utara, Labuan Bajo-Nusa Tenggara Timur dan Yogyakarta-Jawa Tengah.

Kota Yogyakarta selain memiliki candi-candi yang megah, juga memiliki Borobudur yang merupakan candi Budha terbesar di dunia. Labuan Bajo, juga dikenal sebagai Kota Matahari Terbenam, merupakan pintu gerbang perjalanan ke Pulau Komodo, rumah bagi komodo yang terkenal. Toba merupakan danau kawah terbesar di dunia, sedangkan Mandalika dan Likubang terkenal dengan keindahan pantainya. Mandalika Resort di Pulau Lombok memiliki trek balap motor tempat berlangsungnya aksi MotoGP. Meskipun Lombok menawarkan pantai-pantai terpencil yang indah, masyarakat yang ramah dan menarik, makanan lezat dan pemandangan menakjubkan, Kepulauan Gili di dekatnya, yang merupakan tujuan pesta, adalah favorit pribadi banyak warga Australia.

Selain lima lokasi super prioritas saat ini, Indonesia sedang mengerjakan lima lokasi lagi: Belitung, Tanjung Lesung, Morodai, Wakadobi, dan Raja Ampat. Negara ini juga memiliki kumpulan tempat menakjubkan seperti Kalimantan, pulau Kalimantan bagian Indonesia. Tempat ini menghadirkan petualangan hebat di hutannya yang luas dan legendaris dengan banyak satwa liar spektakuler dan pemandangan alam yang indah. Pulau ini adalah rumah bagi desa-desa Dayak yang misterius dan suku-sukunya, orangutan yang menggemaskan, bekantan, burung enggang endemik, dan lumba-lumba Irrawaddy.

Martini ingin Indonesia masuk sepuluh besar destinasi yang dikunjungi wisatawan India. Karena hanya dua persen wisatawan India yang benar-benar mengunjungi Indonesia, tujuan mereka adalah menggandakan jumlah tersebut. Ia mencatat, “Pada tahun 2020, Indonesia menyambut sekitar 270,000 wisatawan India. Namun, tahun ini, dari bulan Januari hingga Juli saja, kami telah menerima 345.000 pengunjung dari India, dan ini merupakan pertumbuhan yang signifikan. Kami melihat banyak potensi di India dan kami yakin india akan menjadi tujuan pilihan dan sering dikunjungi orang India. Oleh karena itu, wisatawan India menganggap kami lebih penting.

READ  Wooling mengirimkan 100 unit Air EV pertama kepada pelanggan di Jakarta; Harga di Indonesia RM70k-RM94k

Setelah memahami pasar India selama bertahun-tahun, Martini mengatakan masyarakat India menikmati segmen yang berbeda termasuk rekreasi, pantai, petualangan, dan satwa liar. “Keluarga, pasangan, dan generasi milenial semuanya menemukan sesuatu yang menarik di Indonesia. Ini adalah tempat yang kuno dan saat ini, pernikahan di Indonesia mendapatkan daya tarik yang signifikan. Kami memperhatikan bahwa orang India mencari Indonesia sebagai tujuan wisata, namun dalam banyak kasus, perjalanan tersebut tidak berhasil. Kami ingin meminimalkan kesenjangan antara pencarian dan tanggal mereka ingin melakukan perjalanan ke Indonesia. Untuk itu, kami yakin konektivitas sangatlah penting. Segalanya tampak lebih cerah dengan maskapai baru seperti IndiGo dan Batik yang menghubungkan India ke india dan Vistara yang akan segera diluncurkan. Sebentar lagi, banyak kota di India akan terhubung.