April 25, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia memindahkan lokasi latihan militer ASEAN pertama dari Laut China Selatan

Indonesia memindahkan lokasi latihan militer ASEAN pertama dari Laut China Selatan

Seorang tentara berjalan melewati bendera negara-negara peserta KTT ASEAN saat mereka menjaga area menjelang KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Reuters

Indonesia pada hari Kamis memindahkan tempat latihan dari Laut China Selatan untuk memastikan latihan militer bersama pertama Asean jauh dari pengaruh China.

Latihan non-tempur untuk anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada awalnya dijadwalkan berlangsung di perairan selatan Laut Cina Selatan, yang diklaim oleh Beijing.

Latihan, yang dijadwalkan berlangsung dari 18 hingga 25 September, sekarang akan dipindahkan seluruhnya dari jalur air strategis di perairan Indonesia ke Laut Naduna selatan, kata juru bicara militer Indonesia Julius Widjojono.

“Latihan itu tidak fokus pada pertempuran, jadi lebih cocok untuk wilayah selatan yang kontak langsung dengan masyarakat,” katanya seraya menambahkan, latihan akan dilakukan di dalam dan sekitar Pulau Batam di mulut Selat Malaka.

ASEAN sering menemukan dirinya di tengah persaingan antara AS dan China. Vietnam, Filipina, Brunei, dan Malaysia bersaing dengan Beijing yang menegaskan kedaulatan atas laut luas yang termasuk bagian dari zona ekonomi eksklusif Indonesia.

Sementara itu, China telah mengklaim hak teritorial atas wilayah di sepanjang ‘sembilan garis putus-putus’ berdasarkan peta sejarahnya. Namun, pajak tersebut ditolak pada tahun 2016 karena “tidak memiliki dasar hukum”.

Militer Indonesia, yang memimpin ASEAN tahun ini, mengatakan keputusan untuk pindah itu independen dan “tidak ada campur tangan” dari negara lain.

Disebutkan juga bahwa Kamboja dan Myanmar tidak menanggapi undangan pertemuan persiapan latihan yang diadakan di negara-negara ASEAN pada Senin. Baik pemimpin junta militer Myanmar dan Kamboja memiliki hubungan dekat dengan China.

READ  Ekspansi VinFast di Indonesia - EV Report

Dengan masukan dari Reuters

Baca semua Berita terbaru, Berita yang sedang tren, Berita Kriket, Berita Bollywood,
Berita India Dan Berita Hiburan Di Sini. Ikuti kami Facebook, Twitter Dan Instagram.

Tanggal Diperbarui: 22 Jun 2023 16:50:11 IST