April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

PSSI melatih wasit Indonesia untuk memimpin kompetisi internasional

PSSI melatih wasit Indonesia untuk memimpin kompetisi internasional

Sebuah surat telah dikirim ke FIFA.

JAKARTA (Antara) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (BSSI) secara bertahap akan melatih wasit Indonesia untuk memimpin pertandingan internasional seperti Piala Dunia, kata Presiden PSSI Eric Tohir, Kamis.

“Pertama, wasit harus memenuhi syarat (untuk memimpin pertandingan) sesuai standar Asia (Konfederasi Sepak Bola Asia/AFC). Secara bertahap, (melalui pelatihan jangka panjang) diharapkan bisa memimpin Piala Dunia atau turnamen internasional lainnya,” ujarnya.

Namun, upaya peningkatan kualitas wasit Indonesia dan timnas membutuhkan waktu lama, ujarnya dalam konferensi pers di Arena Kelora Bung Karno (GBK) di sini.

Pada 15-16 Juni 2023, PSSI melakukan evaluasi dan seleksi yang diikuti 161 wasit dan 2 asisten wasit pemegang lisensi Fédération Internationale de Football Association (FIFA) dan satu wasit pemegang lisensi AFC Elite Referee.

Kompetisi tersebut terselenggara atas kerja sama dengan Japan Football Association (JFA).

Yoshimi Ogawa, anggota Komite Wasit JFA, dan Toshiyuki Nagy, Instruktur Wasit dan Manajer Wasit Amatir Terbaik di JFA, bertindak sebagai instruktur dan pengawas selama kompetisi berlangsung.

Sebanyak 27 wasit pemegang lisensi FIFA yang bertugas di Liga 1 papan atas Indonesia 2022/2023, dan 54 wasit pemegang lisensi FIFA yang bertugas di Liga 2 kompetisi kasta kedua Indonesia 2022/2023, lolos. pilihan.

Satu-satunya wasit yang memegang Lisensi Wasit Elit AFC lulus ujian.

18 wasit teratas terpilih akan ditunjuk untuk memimpin pertandingan Ligue 1 2023/2024. Sedangkan 24 wasit lainnya dan 40 wasit masing-masing akan bertugas di Liga 2 dan Liga 3.

Selain itu, PSSI akan memberikan pelatihan tambahan kepada wasit di masa mendatang, termasuk penggunaan Video Assistant Referee (VAR), yang diharapkan dapat digunakan di Ligue 1 mulai Februari 2024, kata Dohir.

READ  Hari Kemerdekaan Indonesia di Doha

Ia mengatakan telah menyurati FIFA untuk mengirimkan ketua komite wasit FIFA Pierluigi Collina dan beberapa instruktur untuk membantu lebih meningkatkan kualitas wasit Indonesia.

“Surat sudah dikirim ke FIFA,” tambahnya.

Berita terkait: PSSI gunakan enam perkembangan di Liga 1 2023–2024

BERITA TERKAIT: Sepak bola Indonesia bangun dari tidurnya: Tohir

Diterjemahkan oleh: Fajr Satrio, Yuu Liman
Editor: Thea Mudiyasari
Hak Cipta © ANTARA 2023