Mei 26, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia membeli opsi di toko Tik Tok setelah larangan aplikasi

Indonesia membeli opsi di toko Tik Tok setelah larangan aplikasi

Buka Intisari Editor secara gratis

TikTok memanfaatkan sumber dayanya untuk mencari cara menyelamatkan bisnis e-commerce di Indonesia – seperti mengembangkan aplikasi baru atau bermitra dengan perusahaan lokal – ketika grup milik Tiongkok ini berjuang untuk tetap bertahan di pasar terbesarnya.

Byte Dance yang berbasis di Beijing, pemilik aplikasi video TikTok yang viral, telah mengumpulkan tim produk dan teknologi di Singapura untuk mendiskusikan ide-ide setelah Jakarta memberlakukan larangan tersebut. Salah satu usulannya adalah untuk menciptakan platform perdagangan online yang terpisah dari aplikasi videonya dalam upaya untuk memuaskan regulator di perekonomian Asia Tenggara, menurut tiga orang yang mengetahui masalah tersebut.

Sumber lain di TikTok mengatakan situasinya “dapat berubah-ubah” dan meskipun perusahaan tidak secara aktif mengerjakan aplikasi mandiri, semua opsi sedang dipertimbangkan.

Indonesia bulan lalu melarang transaksi di platform media sosial untuk memastikan persaingan yang “adil dan merata” dan melindungi data pengguna. Langkah ini segera berlaku dan secara luas dianggap menargetkan TikTok secara tidak resmi, yang meluncurkan Toko TikTok di negara tersebut pada tahun 2021.

Perusahaan tersebut memperingatkan pada pengumuman tanggal 27 September bahwa hal ini akan berdampak pada mata pencaharian 6 juta penjual dan hampir 7 juta influencer yang menggunakan TikTok Shop di Indonesia. Sebelum pelarangan ini, perusahaan asal Tiongkok tersebut berharap dapat menghasilkan total nilai perdagangan sebesar $6 miliar di Indonesia, dan meningkat hampir tiga kali lipat pada tahun 2022, menurut banyak pihak.

Larangan di Jakarta menambah reaksi politik yang dihadapi aplikasi video milik asing, Byte Dance. Kelompok Tiongkok telah menghadapi pembatasan penggunaannya pada peralatan pemerintah di seluruh Eropa dan Amerika Utara.

READ  Menpora mengirimkan tim Indonesia untuk Paralimpiade Musim Panas

Indonesia merupakan pasar pertama dan terbesar bagi Tiktok Shop, dan mengingat kesuksesannya yang besar, Tiktok Shop dipandang sebagai cetak biru potensial untuk ambisinya di pasar lain, termasuk Inggris dan Amerika Serikat.

Namun Byte Dance telah berjuang di negara-negara Barat untuk melepaskan model belanja streaming langsungnya, di mana konsumen dapat membeli barang di aplikasi toko TikTok melalui tautan ke video atau siaran langsung.

Manajemen senior, yang telah menghabiskan waktu di Jakarta sejak pelarangan tersebut, telah membahas kemitraan dengan perusahaan ritel, termasuk perusahaan teknologi lokal GoTo. Ini akan menjadi pilihan lain yang mereka harap akan memungkinkan transaksi e-commerce terus berlanjut. Namun, beberapa upaya untuk bertemu dengan menteri senior Indonesia tidak berhasil, kata salah satu orang yang dekat dengan TikTok.

Meskipun manajemen senior mencurahkan sumber daya manusia dan sumber dayanya untuk kepentingan kedua, terdapat keraguan dalam menetapkan preseden di pasar lain.

“Kami sudah mengkhawatirkan penularan di pasar Asia Tenggara lainnya, termasuk Vietnam dan Malaysia,” kata seorang eksekutif yang berfokus pada wilayah TikTok Shop. “Jika kita memisahkan belanja dari aplikasi utama TikTok di Indonesia, kita terpaksa melakukan hal yang sama di Amerika. Itu akan menjadi bencana.”

Orang kedua yang dekat dengan TikTok mengatakan kelompok tersebut belum menerima jaminan tegas dari pemerintah Indonesia bahwa aplikasi belanja baru akan diizinkan beroperasi. “Mereka dapat membangun aplikasi dengan sangat cepat jika mereka mau [to]Namun jika mereka tidak mau menyimpannya saat itu [the government] Aku juga tidak akan mengizinkannya.”

Para analis sepakat bahwa rencana penerapan kedua memiliki kelemahan. “[It is] Lebih baik tinggalkan Indonesia,” kata Direktur Pelaksana Bernstein, Venugopal Carey. “Jika Anda membangun aplikasi yang berdiri sendiri, hal ini akan menjadi sebuah preseden. AS adalah peluang yang sangat besar. Jika mereka bisa berhasil di AS, saya rasa mereka tidak memerlukan Asia Tenggara.

READ  Terabaikan dalam Pemilu Indonesia 2024: Masalah Pencatatan Sipil pada Kelompok Adat

Kare menambahkan: Bagaimana mereka memastikan data pelanggan tidak digunakan di aplikasi TikTok Shop? Jika mereka menggabungkan data pelanggan, ecommerce berbasis livestreaming akan mati.

Perpindahan ke Indonesia telah memicu perbincangan internal di TikTok tentang apakah akan menempatkan lebih banyak eksekutif puncak di unit toko di luar Tiongkok, kata salah satu sumber. Banyak pengambil keputusan yang bekerja di e-commerce masih didasarkan pada lanskap. Hal ini berbeda dengan bisnis media sosial TikTok yang lebih luas, yang memiliki kantor di seluruh dunia dan banyak karyawan di Asia Tenggara, termasuk kantor pusatnya di Singapura.

Beberapa orang percaya bahwa jika lebih banyak orang yang memahami peraturan dan sentimen masyarakat dengan lebih baik, perubahan peraturan yang cepat di Indonesia akan membuat TikTok kurang terlindungi, tambah orang tersebut.

“Prioritas kami adalah mematuhi undang-undang dan peraturan setempat,” kata TikTok beberapa hari setelah larangan di Indonesia pada bulan September. “Dalam hal ini, kami tidak lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia. . . Dan kami akan terus bekerja sama dengan otoritas terkait di masa depan.