Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Beragam produk ekonomi kreatif Indonesia dipamerkan pada gala dinner WCCE 2022

Bali, 7 Oktober 2022 –

Hari kedua World Conference on the Creative Economy (WCCE) 2022 ditutup dengan makan malam yang disponsori oleh Showbee Indonesia.

Selain menikmati makan malam, delegasi dan tamu WCCE disuguhi berbagai produk ekonomi kreatif Indonesia, khususnya produk fashion.

Dalam pesta tersebut juga dimeriahkan fashion show dari Global Muslim Fashion Week yang menampilkan rangkaian koleksi dari beberapa brand Indonesia.

Pada gala dinner WCCE 2022, Direktur Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaqa Salahuddin Uno mengatakan, busana sederhana yang dihadirkan bukanlah busana kasual biasa. Tapi fashion yang memadukan kreativitas dengan akar dan tema budaya Indonesia yang sama.

Menurut Menteri Sandhya Uno di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Nusa Nua pada Kamis (6/10/2022), “Tampil sebagai produk yang tidak hanya relevan, tetapi bernilai dan indah. .

Selain fashion show Global Muslim Fashion Week, para delegasi juga disuguhi keindahan Batik Pamegasan. Seperti diketahui, motif batik yang berasal dari pulau Mathura di Jawa Timur ini memiliki aksen dan detail yang berani yang membedakannya dengan motif batik lainnya.

“Kabupaten Pamekasan telah membawa tim dan karya seni yang indah dan terima kasih banyak telah menampilkannya malam ini,” tambahnya.

Tak berhenti sampai di situ, Gala Dinner WCCE 2022 juga menampilkan penampilan musisi Bali Palawan.

“Kami berharap semua orang di sini dapat menikmati jamuan makan kami setelah seharian konferensi untuk mempresentasikan Roadmap Ekonomi Kreatif Bali,” lanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Sandhyaka menjelaskan bahwa Bali Roadmap merupakan dokumen yang disepakati oleh delegasi WCCE sebagai peta jalan kebangkitan ekonomi, di mana sektor ekonomi kreatif akan menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi global.

READ  Sumber mengatakan Kozak dan Tocopedia bekerja sama untuk menciptakan juara teknologi Indonesia

Bali Roadmap memiliki beberapa poin, seperti bagaimana mengarusutamakan ekonomi kreatif dalam ekonomi global, termasuk transisi dari pelaku usaha informal ke bisnis formal. Kemudian ada poin terkait akses keuangan, yang membuka jalan bagi pelaku ekonomi kreatif untuk memiliki akses keuangan yang lebih luas.

Ada juga poin pemasaran terkait upaya para pelaku ekonomi kreatif untuk beradaptasi dengan penggunaan digital dalam hal pemasaran. Poin yang sangat penting dalam bidang ekonomi kreatif adalah kekayaan intelektual (HAKI), yang dapat digunakan untuk memajukan perlindungan kekayaan intelektual dan akses pendanaan bagi pelaku ekonomi kreatif.

Sandhyaka berharap Bali Roadmap menjadi dokumen yang akan berkontribusi pada kebijakan terkait ekonomi kreatif di seluruh dunia.

Pada kesempatan yang sama, Handika Jahja, Managing Director Shopee Indonesia juga membuka rangkaian acara. Dalam sambutannya, ia berbicara tentang bagaimana semua pihak harus terlibat aktif dalam revitalisasi sektor ekonomi kreatif. “Saya percaya bahwa dengan meningkatkan peran masing-masing sektor, kita dapat menciptakan ekonomi digital yang lebih maju lagi; Ekosistem yang terintegrasi dan inklusif untuk mempercepat pemulihan,” jelas Handika.

Dia juga menggambarkan peran platform e-commerce dalam menciptakan industri yang bangkit kembali. “Perubahan kecenderungan masyarakat untuk menggunakan teknologi digital di masa pandemi pada akhirnya dapat membuka peluang besar bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk bangkit dan menjangkau pasar luar negeri. Jutaan orang di Indonesia telah berhasil menciptakan bisnis digital dan menghasilkan pendapatan dengan berjualan online melalui Shopee.

Ia juga mengumumkan penambahan tiga negara tujuan ekspor baru bagi UMKM lokal, yakni Kolombia, Chile, dan Taiwan. Sepanjang tahun ini, ratusan ribu UMKM lokal telah berpartisipasi dalam program ekspor Shopee yang kini telah memiliki total sepuluh lokasi.

READ  Tidak ada waktu seperti sekarang: transisi energi terbarukan Indonesia

Sementara itu, saat membuka WCCE 2022, Presiden Joko Widodo berharap ekonomi kreatif di Indonesia dan banyak negara di dunia akan menjadi tulang punggung perekonomian di masa depan, yang dianggap sebagai kekuatan ekonomi yang kuat dan inklusif. Pertumbuhan ekonomi kreatif harus terus didorong agar menjadi sektor masa depan yang tumbuh lebih cepat, lebih maju, dan lebih maju.

Presiden Jokowi mengatakan, “Ekonomi kreatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan gaya hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan karena dapat mendobrak batas-batas geografis gender, ras, strata ekonomi. Ekonomi kreatif berpotensi menjadi pilar utama untuk mendobrak. pertumbuhan ekonomi inklusif, pertumbuhan ekonomi.” .

Indonesia, menurut Presiden, akan mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global dan memainkan peran utama dalam menciptakan lingkungan ekonomi kreatif yang inklusif.

Gala WCCE 2022 dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali, Johorda Oka Ardana Sugawati; Corporate Ambassador Global Modest Fashion Week Association, Nur Asia Uno; serta Pejabat I dan II di lingkungan MOTCE.

/ rilis publik. Konten yang disediakan oleh organisasi/penulis asal ini mungkin bersifat point-in-time, diedit untuk kejelasan, gaya, dan panjangnya. Pandangan dan pendapat yang diungkapkan adalah milik penulis. View Full Di Sini.