Juni 14, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia meluncurkan kereta api berkecepatan tinggi ‘Wooosh’ yang didukung Tiongkok

Indonesia meluncurkan kereta api berkecepatan tinggi ‘Wooosh’ yang didukung Tiongkok

Presiden Indonesia Joko Widodo berbicara tentang rencana ibu kota baru Nusantara pada Pekan Lingkungan Hidup di Singapura, 7 Juni 2023. REUTERS/Edgar Su/Foto File Dapatkan hak lisensi

JAKARTA, 2 Oktober (Reuters) – Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Senin meresmikan jalur kereta api berkecepatan tinggi senilai $7,3 miliar yang menghubungkan ibu kota negara ke kota Bandung, sebuah proyek yang didukung Tiongkok namun mengalami banyak komplikasi.

Jalur kereta api sepanjang 142 kilometer (88,23 mil), salah satu proyek infrastruktur andalan presiden dan bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan Tiongkok, telah diganggu oleh berbagai masalah mulai dari masalah pengadaan tanah, penundaan terkait pandemi, dan biaya yang membengkak.

Peluncuran kereta peluru yang diberi nama “Whoosh” pada hari Senin ini jauh dari target awal tahun 2019.

“Namanya terinspirasi dari suara kereta berkecepatan tinggi,” kata Jokowi, sapaan akrab Presiden, saat peluncuran.

Kecepatan operasional maksimum kereta api ini akan mencapai 350 kilometer (217 mil) per jam, kata Jokowi, seraya menyebutnya sebagai “modernisasi transportasi massal kita yang ramah lingkungan.”

Menteri Senior Luhud Panjaitan, yang mengawasi proyek tersebut, mengatakan pada peresmian bahwa uji coba gratis kereta peluru akan diperpanjang mulai minggu kedua bulan September dan harga tiket akan diterapkan pada pertengahan Oktober.

Konsorsium perusahaan Indonesia dan Tiongkok membangun jalur kereta api tersebut.

laporan Yuddy Cahya Budiman; Oleh Ananda Theresia; Disunting oleh Gayatri Suryo dan Jerry Doyle

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru
READ  Indonesia / Volcano Discovery, Ternate, gempa 4,4 SR di dekat Maluku Utara