Oktober 8, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Diplomat wanita pertama Indonesia menuntaskan pencalonan Jokowi sebagai presiden G20

Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo menarik perhatian dunia saat berkunjung Ukraina Dan Rusia Bulan lalu. Namun yang kurang penonton dan publik adalah istrinya, Ibu Negara Iriana Widodo. Dia juga pergi bersamanya Bergerak – termasuk Kiev, yang saat ini dianggap sebagai zona perang paling aktif di dunia.

Iriana Dia menjadi yang kedua Dan kemudian wanita pertama yang mengunjungi Ukraina Jill BidenIstri Presiden AS Joe Biden, pada bulan Mei.

Selama beberapa dekade, ibu negara di seluruh dunia telah menunjukkan bahwa mereka harus memainkan peran penting dalam pekerjaan diplomatik. Mereka sering menawarkan pendekatan yang berbeda untuk melawan gaya kepemimpinan negara maskulin tradisional dan mampu menciptakan citra yang lebih baik dari negara mereka di luar negeri.

Peran Ibu Negara dalam Diplomasi

Diplomat wanita pertama Banyak negara Barat memiliki sejarah dan tradisi panjang dalam hubungan internasional.

Di Amerika, banyak ibu negara masa lalu – dari Eleanor Roosevelt, Jacqueline Kennedy, Laura Bush, Hillary Clintonmelakukan Michelle Obama – Berperan aktif dalam diplomasi publik.

Itu Stok terbaru Ibu negara Ukraina Olena ZelenskaPeran ibu negara yang paling terlihat dalam upaya pemeliharaan perdamaian telah ditunjukkan di US Capitol, menyerukan lebih banyak senjata untuk dikirim ke tanah airnya.

Di Asia, Ibu Negara China Peng Liyuan Ini telah mengambil peran aktif dalam diplomasi sejak 2013 untuk mendukung kebijakan luar negeri Presiden Xi Jinping. Bagi China, kehadiran Liu Yuan yang ramah dan karismatik dalam diplomasi China telah menjadi signifikan dalam menciptakan perasaan kontra terhadap gaya diplomatik tegas Xi.

Ibu negara tidak hanya menemani suami mereka dalam perjalanan ke luar negeri, tetapi juga bepergian sendiri ke banyak negara dalam misi diplomatik. Sebuah contoh Perjalanan Cina Michelle Obama Pada tahun 2014, ia dipuji karena keberhasilannya menunjukkan niat baik AS di tengah hubungannya yang bermasalah dengan China.

READ  India, Indonesia membahas patroli bersama di Selat Malaka untuk meningkatkan keamanan dan hubungan maritim
Presiden Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo tiba di Kyiv, Ukraina.
Laili Rachev/Kantor Sekretariat Presiden

Secara umum, penelitian akademis tentang diplomasi perempuan pertama masih terbatas. studi Perempuan dan peran mereka dalam urusan internasional sering diperiksa dalam hal keterampilan diplomatik dan negosiasi diplomat perempuan dan menteri luar negeri.

Upaya dan hasil diplomatik Ibu Negara, serta kualifikasi untuk kepentingan nasional negaranya, Tidak dilaporkan dan diakui secara luas. Hal ini dapat dimaklumi mengingat Ibu Negara pada umumnya tidak memiliki tugas konstitusional yang resmi Kapal ritual.

Sebuah langkah makalah 2012 Dosen studi komunikasi Amerika Keith V. Menurut Erickson dan Stephanie Thompson, setidaknya ada tiga aspek peran diplomatik ibu negara.

Pertama, mengelola kredibilitas Presiden, yaitu berperan sebagai wakil dan pengganti. Kedua, memajukan hubungan internasional, khususnya melalui diplomasi budaya. Ketiga, terlibat dalam kegiatan sosial seperti mempromosikan isu-isu kemanusiaan.

Kehadiran ibu negara dalam kegiatan diplomatik menunjukkan adanya norma-norma feminin di arena politik internasional yang didominasi laki-laki dan laki-laki. Lebih jauh Gaya feminin atau keibuan Ibu negara mungkin merasa bahwa mereka membantu “melembutkan” gaya kaku suaminya.

Ibu negara juga untuk berkontribusi Menciptakan citra nasional suatu negara. Beberapa studi Diyakini bahwa kemampuan intelektual dan pesona ibu negara dapat membawa sosok mereka lebih dekat ke publik internasional.

Ada beberapa ibu negara yang telah memberikan dampak besar dalam memajukan isu-isu perempuan dan hak asasi manusia di panggung internasional. Misalnya, Eleanor Roosevelt, setelah selesai sebagai Ibu Negara, menjadi Ketua Panitia Perancang Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR).. Michelle Obama juga memimpin kampanye global Proyek “Biarkan Gadis Belajar” Memberdayakan perempuan muda di seluruh dunia untuk mengakses pendidikan berkualitas.

READ  Indonesia: Tujuh tewas, 11 hilang dalam tenggelamnya kapal di Bali - Berita

Pengalaman mereka telah menunjukkan bagaimana Ibu Negara dapat bermain di luar peran seremonial mereka dan menciptakan dampak yang lebih besar bagi masyarakat.

Peran Iriana: Apa Artinya bagi Diplomasi Indonesia?

Kehadiran Ibu Negara Iriana dengan Presiden Jokowi adalah zona perang dan Memberikan bantuan kemanusiaan Banyak orang Indonesia yang memuji rumah sakit di Ukraina di media sosial.

Ibu Negara Indonesia Iriana Widodo menyerahkan bantuan kemanusiaan ke sebuah rumah sakit di Ukraina.
Laili Rachev/Kantor Sekretariat Presiden

Banyak Hubungan Internasional Dan Hukum Para ahli melihat kehadirannya sebagai pesan simbolis bahwa Indonesia dapat membawa harapan persahabatan, langkah pertama menuju pembukaan pembicaraan damai.

Indonesia dan Ukraina memiliki perbedaan yang signifikan secara geografis dan budaya. Indonesia adalah negara Asia Penduduk mayoritas muslimTiga perempat penduduk Ukraina mempraktekkan Kekristenan Ortodoks sebagai agama utama mereka.

Dengan demikian, diplomasi Iriana merupakan upaya untuk memperkenalkan identitas Indonesia kepada rakyat Ukraina dan untuk memproyeksikan citra Indonesia sebagai negara yang terbuka dan bersahabat. Hal ini penting bagi Indonesia yang tahun ini menjadi presiden G20. Dengan melakukan itu, Jokowi bertujuan untuk menampilkan dirinya sebagai perantara perdamaian yang telah mengundang Ukraina dan Rusia ke KTT G20 di Bali November ini.

Indonesia harus memastikan kelancaran KTT G20 pada November 2022 di Bali. Kehadiran seluruh anggota G20 secara langsung merupakan salah satu indikatornya.

Padahal efek perjalanan Jokowi adalah untuk mengatasi krisis pangan global akibat perang Rusia-Ukraina tidak pastiSetidaknya kehadiran Iriana dalam perjalanan tersebut akan meningkatkan citra Jokowi di mata masyarakat Indonesia dan membantunya membangun warisan sebelum ia meninggalkan kantor pada tahun 2024.

Ringkasnya, First Woman Diplomacy dapat melengkapi diplomasi konvensional yang dilakukan oleh kepala negara sebagai representasi otoritatif bangsa. Ibu negara dapat memainkan peran penting dalam strategi diplomatik untuk meningkatkan persahabatan antar negara.

READ  Indonesia menantang biofuel pada minyak, tetapi dapat memasok kedua kendaraan listrik | Berita | Bisnis lingkungan

Ibu negara seharusnya tidak lagi dianggap tidak bersuara dan hanya melakukan peran seremonial. Mereka harus dan layak menjadi aktor aktif dalam diplomasi internasional. Selain itu, untuk membuatnya lebih bermakna, Ibu Negara harus diberdayakan untuk meningkatkan komitmen negara untuk mempertahankan pemberdayaan dan kemajuan perempuan.