Oktober 7, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Bayi Pari Manta: Cahaya Baru dalam Kehidupan Mereka di Indonesia…

(MENAFN-Percakapan)

Kehidupan awal pari manta masih menjadi misteri. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar peneliti lebih memperhatikan pari yang lebih tua daripada yang muda.

Tapi sekarang, sebagai bagian dari penelitian yang dilakukan oleh tim kami, beberapa kehidupan rahasia anak-anak ini telah terungkap. Dengan menggunakan identifikasi fotografi, drone, satelit, dan pemantauan akustik, mereka dapat menemukan bagaimana pari manta karang muda menggunakan kolam waga wisata populer di Kepulauan Raja Ampat yang terpencil di Papua sebagai habitatnya.

Penemuan pembibitan ini memberikan harapan untuk pemulihan dan keberlanjutan spesies yang rentan secara global ini yang telah menurun selama beberapa dekade terakhir.

8 tahun penelitian yang saya lakukan bersama tim saya berhasil mengungkap beberapa misteri.

Studi yang dipublikasikan di Frontiers in Marine Science, memberikan deskripsi paling komprehensif dan terkini tentang pembibitan pari manta karang.

Ini adalah pertama kalinya di dunia bahwa habitat pembibitan pari manta telah dikonfirmasi secara definitif.

Laguna Wayak, barat laut Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia (Sumber: Eddie Chetyawan) Habitat pembibitan pari manta

Untuk pari manta yang baru lahir, menggunakan tempat penampungan dangkal seperti kolam sebagai tempat pembibitan penting untuk memastikan kelangsungan hidupnya. Laguna menawarkan perairan tenang yang sempurna untuk bayi pari yang baru mulai berenang. Mereka juga memberikan perlindungan dari predator seperti hiu besar.

Selain menyediakan sumber makanan, bayi pari bersosialisasi dengan pasangan muda mereka dan memungkinkan mereka untuk ‘bertukar pengalaman’.

Saat ini, hanya ada beberapa tempat di dunia yang bisa menjadi tempat pembibitan pari manta. Ini termasuk Teluk Meksiko (Flower Garden Shores dan pantai selatan Florida, AS), Palmyra Atoll (ujung selatan perairan Hawaii), Maladewa dan Indonesia (Nusa Penida dan Raja Ampat).

READ  Informasi Gempa: Mac Kuat. 5.7 Gempa bumi - 165 km barat daya Padang, Sumatera Barat, Indonesia 5 Maret 2021 14:32 (GMT +7)

Di Raja Ampat, kami mengidentifikasi empat area pembibitan potensial. Ini termasuk Kepulauan Pham, Hol Kham, Laguna Ayaw Besar dan Laguna Viag).

Empat daerah di perairan Raja Ampat telah diidentifikasi sebagai daerah penangkaran ikan pari manta yang potensial (Sumber: Edy Setyawan)

Suatu kawasan dapat berfungsi sebagai penangkaran pari manta jika memenuhi tiga kriteria berikut:

1) Pari manta yang baru lahir dan muda lebih sering ditemui di daerah ini daripada di daerah lain;

2) pari manta yang baru lahir dan muda berulang kali tinggal dan/atau kembali ke daerah ini untuk waktu yang lama;

3) Pari manta yang baru lahir dan muda tinggal di daerah tersebut selama bertahun-tahun.

Membuktikan ketiga kriteria ini sangat menantang, melibatkan upaya bertahun-tahun dan berbagai metode.

Perkiraan menggunakan satelit dan pemantauan akustik dapat membantu menyelesaikan teka-teki.

Bagaimana bayi pari manta dilacak dan dipantau?

Sebelum memastikan bahwa Viag Lagoon adalah tempat pembibitan bayi pari manta, kami melakukan pemantauan rutin setiap 3-6 bulan dari tahun 2013-2021.

Menggunakan identifikasi foto, kami dapat mengidentifikasi 34 pari manta muda dari 47 pertemuan. Lima dari 34 sinar difoto 16 bulan kemudian di kolam. Mereka termasuk dua yang, 21 bulan kemudian, masih ditemukan di laguna.

Setiap pari manta memiliki pola titik unik di bagian bawah tubuhnya, mirip dengan sidik jari kita, memungkinkan kita untuk membedakan satu sama lain.

Pari manta muda menunjukkan pola bintik putih di bagian bawahnya (Kredit: Edy Setyawan)

Sayangnya, kami tidak dapat memotret semua pari manta muda yang kami temui selama setiap survei. Hal ini terutama disebabkan oleh air keruh di laguna dan beberapa tantangan dalam mendekati pari muda ini.

READ  Bintang video lokal 'YouTube Village' Indonesia

Di laguna ini, ikan pari muda sering terlihat sedang mencari makan dan berjalan melewati laguna yang dikelilingi tebing kapur yang menjulang tinggi.

Sinar muda itu sangat kecil. Menggunakan drone, kami mengukur dua pari remaja berukuran 218 cm dan 219 cm.

Dua pari manta karang muda terlihat sedang mencari makan dan berjalan-jalan di dekat pulau karst di Laguna Wayak (Sumber: Eddie Chetyawan)

Kami menggunakan pemancar satelit yang ditempatkan pada 5 sinar di Laguna Wayak pada tahun 2015 dan 2017 untuk menyelidiki wilayah jelajah sinar muda ini.

Setelah pemantauan selama 21-69 hari, kami menemukan bahwa mereka menghabiskan lebih banyak waktu di kolam. Mereka kadang-kadang melakukan perjalanan singkat keluar dari kolam selama beberapa hari.

Untuk memahami habitat pari muda, kami menggunakan sistem pelacakan akustik, yang berfungsi seperti mesin kunjungan. Kami menempatkan pemancar ini pada 9 sinar muda dan penerima akustik di 5 lokasi di Viag Lagoon.

Ikan pari manta karang muda dengan pemancar suara di sisi kanan punggungnya (Kredit: Eddie Chetyawan)

Setiap pemancar dilengkapi dengan kode unik yang memungkinkan penerima untuk mengidentifikasi setiap pari manta yang terjadi dalam jangkauan deteksi dan oleh karena itu terdeteksi oleh penerima.

Pemantauan suara berlangsung selama 28 bulan dari Mei 2019 hingga September 2021. Selama periode ini, penerima mendeteksi sinar muda hampir terus menerus selama 14,5 bulan. Pada dasarnya, penerima merekam sinyal akustik dari sinar muda setiap hari selama 4 bulan.

Hak atas foto Edy Setyawan

Sinar remaja terdeteksi 24 jam sehari di kolam usia. Mereka tinggal di laguna untuk memberi makan, bersosialisasi dengan pasangannya, atau sekadar berlayar di sekitar laguna.

Pada siang hari, pari muda mengunjungi stasiun pembersihan yang terletak khusus di terumbu karang di laguna. Tempat pembersihan seperti ‘spa’ di mana ikan pari muda dibersihkan oleh ikan yang lebih bersih yang memakan parasit di seluruh permukaan tubuh ikan pari.

READ  Enam juta dosis dari total vaksin Sinovac tiba di Indonesia

Secara keseluruhan, temuan ini sangat menyarankan bahwa pari manta muda sangat bergantung pada pembibitan ini untuk kesehatan dan kelangsungan hidup mereka.

Apa berikutnya?

Studi baru ini memperkuat penelitian saya yang diterbitkan pada tahun 2020, yang mengidentifikasi Laguna Wayak sebagai tempat pembibitan manta karang yang potensial.

Kedua penelitian menunjukkan bahwa perairan Raja Ampat merupakan habitat penting bagi populasi pari manta terbesar di Indonesia.

Karena itu, beberapa pertanyaan masih ada di benak saya. Berapa lama bayi pari manta hidup di kamar bayi? Faktor-faktor apa yang memengaruhi pergerakan mereka dalam area yang relatif kecil dari kumpulan usia?

Bahkan hingga saat ini, masih banyak misteri tentang kehidupan pari manta yang belum terungkap. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut mengenai habitat dan kelangsungan hidup pari manta sangat penting untuk mendukung upaya konservasi spesies yang rentan secara global ini.

Artikel ini awalnya diterbitkan dalam bahasa Indonesia

MENAFN25082022000199003603ID1104758794


Penafian hukum: MENAFN MEMBERIKAN INFORMASI “SEBAGAIMANA ADANYA” TANPA JAMINAN APA PUN. Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas keakuratan, konten, gambar, video, lisensi, kelengkapan, legalitas, atau keandalan informasi yang terkandung dalam artikel ini. Jika Anda memiliki keluhan atau masalah hak cipta terkait artikel ini, silakan hubungi penyedia di atas.