April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Indonesia berencana mengirimkan bantuan ke Palestina dan Sudan mulai minggu depan

Indonesia berencana mengirimkan bantuan ke Palestina dan Sudan mulai minggu depan

JAKARTA (ANTARA) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana memberikan bantuan sosial kepada warga sipil terdampak konflik di Gaza, Palestina, dan Khartoum di Sudan mulai pekan depan.

Ketua BNPB Suhariando, Selasa, mengatakan bansos tersebut meliputi obat-obatan dan alat kesehatan asal Indonesia yang akan dikirim melalui penerbangan Garuda.

“Kami berharap bantuan tersebut bisa dikirimkan pada minggu depan. Masih banyak hal teknis yang perlu dibicarakan dengan gugus tugas Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, jika tidak ada kendala berarti, bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan dikirim dua kali ke kamp pengungsi yang terkena dampak konflik Palestina dan Sudan.

Ia mencatat, total bantuan tersebut sebesar US$1 juta yang berasal dari pemerintah Indonesia, dan satu lagi bantuan tambahan berasal dari donasi yang dikumpulkan oleh relawan dalam negeri.

“Untuk kasus Palestina, setelah bantuan sampai di lokasi tersebut, pendistribusiannya akan dilakukan langsung oleh pemerintah Mesir yang saat ini sedang menangani para korban yang sudah meninggalkan wilayahnya,” jelas Suharianto.

Ia berharap penyaluran bantuan terus lancar untuk membantu pengobatan para korban konflik di Palestina dan Sudan. Sejak tahun 2023, pemerintah Indonesia telah menyalurkan bantuan sebanyak enam kali dan berhasil menjangkau wilayah terdampak konflik dengan aman.

Pengiriman bantuan tersebut salah satunya dilakukan oleh kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (TNI-AL) KRI Dr pada 18 Januari 2024. Diangkut dengan Radjiman Wedydiningrat-992, kapal tersebut tiba di pelabuhan Al Arish di Semenanjung Sinai di pantai Mediterania pada 13 Februari. , 2024.

Kapal rumah sakit tersebut membawa 80 truk berisi bantuan kemanusiaan, antara lain popok, pakaian anak-anak dan dewasa, jaket, berbagai makanan dan obat-obatan, serta selimut, yang diserahkan kepada Palang Merah Mesir. Gaza, hingga Palestina.

READ  Avnish Patankar, Direktur Komersial, BDx Indonesia

Berita terkait: Basnas, KBRI Kairo berkoordinasi dukung dapur umum di Rafah
Berita terkait: Basnas kembali mengirimkan paket bantuan kemanusiaan ke Palestina melalui Mesir