September 27, 2023

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Diplomasi First Nations akan mengubah hubungan Australia dengan Indonesia

Diplomasi First Nations akan mengubah hubungan Australia dengan Indonesia

Pada tahun 1994, Perdana Menteri Australia saat itu Paul Keating kata terkenal “Tidak ada negara yang lebih penting bagi Australia daripada Indonesia”. Namun demikian, hubungan itu berbatu. Mungkin tidak ada dua negara tetangga di dunia Berbeda secara budaya. Tetapi penerapan kebijakan luar negeri Bangsa Pertama di Australia baru-baru ini menawarkan kesempatan untuk mengatur hubungan antar negara pada pijakan yang lebih stabil.

Jauh sebelum pemukiman Eropa di Australia, Indonesia Trepanger (Nelayan) mengunjungi pantai Australia utara dari Makassar Setidaknya 1600 sampai 1900. Trebangers mengumpulkan dan mengolah trebang (teripang) di Australia utara dan kemudian menjual barang-barang berharga itu kepada pedagang Cina. Selama kunjungan tersebut, Ikatan budaya yang mendalam Didirikan antara orang Makassar-Indonesia dan orang Yolngu di Arnhem Land. Itu berbagi sejarah mendapat sedikit perhatian resmi dari Australia atas keterlibatannya dengan Indonesia.

Namun, Menteri Luar Negeri Benny Wong baru saja meluncurkan Kebijakan Luar Negeri Bangsa Pertama Australia menawarkan kesempatan untuk memasukkan suara Pribumi dalam hubungannya dengan Indonesia Di bulan Maret, Justin Mohammad Dia diumumkan sebagai Duta Besar perdana Australia untuk Bangsa Bangsa Pertama. Mohamed akan bertanggung jawab untuk memimpin upaya mengoordinasikan kebijakan Bangsa Pertama di seluruh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan dan memimpin Kantor Keterlibatan Bangsa Pertama di departemen tersebut.

Mengambil perspektif orang Yolngu dari tetangga mereka di Indonesia akan membantu Australia memperkuat apa yang telah lama menjadi salah satu bidang hubungan yang paling menantang – hubungan orang-ke-orang.

Hubungan orang Yolngu dengan orang Makassar a Pengaruh besar Budaya suku setempat, bahasa dan gaya hidup. Itu penonton Indonesia Dia menikahi wanita suku setempat dan menjadi ayah dari anak-anak. Beberapa di antaranya adalah keluarga Pindah ke Indonesia dengan orang-orang Mahasan.

READ  Bisnis Indonesia membutuhkan lebih banyak keragaman

Untuk lebih mengembangkan hubungan kontemporer, akan ada manfaat dalam menunjuk penghubung Bangsa Pertama untuk mempromosikan upaya diplomasi formal dan publik.

Tujuan kebijakan luar negeri First Nations Australia menanamkan Pengalaman dan perspektif unik masyarakat adat tentang pendekatan Australia terhadap dunia. Contoh utama adalah sejarah interaksi bersama orang Yolngu dengan orang Indonesia.

Kesalahpahaman budaya menghambat hubungan bilateral dan a Kebanyakan orang Australia Masih ada pesimisme dan kurangnya pengetahuan tentang orang Indonesia. Ini juga meluas ke bagian komunitas bisnis Australia, di mana A hubungan transaksional Fokusnya sering di Indonesia. Pendekatan relasional yang menganut prinsip saling menghormati, pengembangan bersama, dan timbal balik lebih mungkin berhasil. Pendekatan relasional seperti itu berakar pada keduanya Aborigin Australia Dan bahasa Indonesia Ciri budaya dan hubungan selama berabad-abad antara orang Yolngu dan Makassar adalah membangun kepercayaan dan pemahaman dalam budaya dan komunitas masing-masing.

Untuk lebih mengembangkan hubungan kontemporer, akan ada manfaat dalam menunjuk penghubung Bangsa Pertama untuk mempromosikan upaya diplomasi formal dan publik. Satu penghubung bermarkas di Kedutaan Besar Australia di Jakarta dan satu lagi di Konsulat Australia di Makassar, di bawah Kantor Pengembangan Keterlibatan Bangsa Pertama DFAT. Ini termasuk keterlibatan konsultan senior dengan pengetahuan khusus tentang pengalaman Yolngu. Peran kunci Canberra dalam meningkatkan hubungan bilateral seharusnya tidak bersifat formal. Tetangga yang hebat.

Penekanan akan ditempatkan pada suara First Nations di Australia diterima secara positif Oleh orang Indonesia. Hal ini memberikan kesempatan kepada Menteri Luar Negeri Benny Wong untuk bertindak lebih jauh target “Melihat perspektif First Nations di jantung kebijakan luar negeri Australia”. Indonesia diprediksi akan menjadi kekuatan politik dan ekonomi global Ekonomi terbesar keempat Di dunia pada tahun 2045, First Nations Atase menyajikan kesempatan unik untuk mendobrak hambatan budaya di tetangga terbesar Australia.

READ  Pemerintah Enugu, Indonesia akan memperdalam hubungan investasi – Duta Besar