Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Diaspora Indonesia bisa bantu jadikan Indonesia hub Halal: Menteri

Diaspora Indonesia bisa bantu jadikan Indonesia hub Halal: Menteri

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengatakan ekspatriat Indonesia yang bekerja dan belajar di luar negeri akan membantu pemerintah mewujudkan visi Indonesia menjadi hub global perdagangan produk halal.

“Partisipasi diaspora Indonesia di Osaka memberikan dukungan kepada pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat perdagangan produk halal global,” kata Hassan.

Hal itu diungkapkan Menteri Hasan saat mengunjungi bazar barang halal bulanan di Masjid Istiklal Osaka (MIO) di Osaka, Jepang, Sabtu (28 Oktober).

Dalam laporannya, Hasan mencatat bahwa dunia saat ini sedang menyaksikan peningkatan konsumsi produk halal, dan menambahkan bahwa Indonesia dapat memanfaatkan tren tersebut untuk mewujudkan visinya.

Menurut Menkeu, pada tahun 2024, nilai konsumsi global produk halal diproyeksikan mencapai US$3,2 triliun. Peluang yang diberikan diaspora Indonesia di Osaka harus ditingkatkan, ujarnya.

Bazaar di MIO menampilkan produk-produk halal yang diproduksi dan dijual oleh tujuh diaspora Indonesia di Jepang, antara lain pakaian, merchandise, bawang goreng, kerupuk, kue, aneka makanan instan, pakaian muslim, dan kosmetik.

Selain itu, masjid juga memiliki mini market produk halal yang menawarkan makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya sesuai dengan standar Islam. Produk yang dipajang di mini market tersebut sebagian diimpor dari Indonesia, sedangkan sisanya dibuat oleh ekspatriat Indonesia di Osaka.

Mulai pertengahan tahun 2023, manajemen MIO berkoordinasi dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Osaka untuk mendirikan mesin penjual halal.

“Kami memberikan dukungan dan fasilitas kepada diaspora Indonesia di Jepang untuk mengembangkan makanan dan minuman halal,” kata Presiden ITPC Osaka RM Tiki Farabi.

Masjid Istiklal Osaka berkapasitas 1.500 tempat duduk didirikan pada 12 Januari tahun lalu dan merupakan satu-satunya masjid di kota itu.

READ  Kedua negara Asia Selatan ini sedang berselisih. Penyebab : Kualitas udara buruk | Berita Dunia

Pendirian MIO adalah untuk menampung semakin banyaknya imigran Muslim Indonesia yang tinggal di dalam dan sekitar Osaka.

Di wilayah Kansai yang meliputi Osaka, Kyoto, Kobe, Nara, Wakayama, Shiga, dan Mee, jumlah pendatang Indonesia mencapai 5.679 orang, 70 persen di antaranya beragama Islam.

Berita terkait: Indonesia akan menjadi pusat produksi halal global: VP
Berita terkait: Kementerian Perdagangan merencanakan UEA sebagai pusat ekspor halal Indonesia

Diterjemahkan oleh: Maria Cecilia, Tegar Nurpitra
Penulis: Rahmat Nasushan
Hak Cipta © ANTARA 2023