Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

CIMB, J Trust Bank Commonwealth of Indonesia – termasuk di antara mereka yang memenuhi syarat

CIMB, J Trust Bank Commonwealth of Indonesia – termasuk di antara mereka yang memenuhi syarat

Logo Bank CIMB Malaysia terpampang di luar cabangnya di Kuala Lumpur pada 7 Februari 2013. REUTERS/Bazuki Muhammad/File Foto Dapatkan hak lisensi

SINGAPURA, 31 Okt (Reuters) – Bank Malaysia CIMB (CIMB.KL) dan raksasa keuangan Jepang J Trust (8508.T) termasuk di antara perusahaan yang bersaing untuk membeli PT Bank Commonwealth milik Indonesia. , kata dua sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Bank Commonwealth, yang 99% sahamnya dimiliki oleh Commonwealth Bank of Australia (CBA) (CBA.AX), pemberi pinjaman terbesar di Australia, berfokus pada pinjaman ritel dan layanan perbankan korporasi untuk usaha kecil dan menengah.

Morgan Stanley, penasihat keuangan penjualan tersebut, meminta penawar untuk mengajukan penawaran yang mengikat pada awal November, sumber tersebut menambahkan, menolak untuk disebutkan namanya karena rencana penjualan belum dipublikasikan.

CIMB, nomor Malaysia. 2 Bank dan J Trust telah menyatakan minatnya dan sedang mempertimbangkan untuk mengajukan penawaran obligasi, kata sumber. Kedua perusahaan tersebut memiliki unit perbankan di Indonesia.

Commonwealth Bank, CIMB, JTrust, CPA dan Morgan Stanley menolak berkomentar.

Pemberi pinjaman, yang juga menawarkan layanan manajemen kekayaan, memiliki total aset sebesar 18,39 triliun rupee ($1,1 miliar) tahun lalu, menurut laporan tahunannya.

Negara ini mencatat kerugian lebih dari Rs 350,77 miliar pada tahun 2022, lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, kata laporan itu, mengutip tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19.

Ini pertama kali didirikan pada tahun 1997 sebagai usaha CBA dengan Bank Internasional Indonesia. CBA menjadi pemegang saham pengendali pada tahun 2002 dan mengubah namanya menjadi Bank Commonwealth.

Minat terhadap Bank Commonwealth muncul pada saat pertumbuhan di Indonesia, negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, diperkirakan akan melambat setelah mencapai tingkat tertinggi dalam tiga kuartal pada kuartal April-Juni.

READ  Mencari Pemimpin Terbaik Indonesia Jelang Pemilu 2024 – OPEd – Eurasia Review

Aktivitas M&A di Asia Tenggara turun 34% dalam sembilan bulan pertama tahun ini ke level terendah dalam tujuh tahun sebesar $88,9 miliar, sementara aktivitas di sektor keuangan di kawasan ini turun 66% menjadi $9,8 miliar, data LSEG menunjukkan.

Sebagian besar bank ritel Australia melepaskan fungsi inti mereka dan fokus pada layanan di dalam negeri.

CPA tahun lalu menjual 10% saham di Bank of China Hangzhou ( 600926.SS ) dengan nilai sekitar A$1,8 miliar kepada perusahaan yang dikendalikan oleh pemerintah kota Hangzhou.

($1 = 15.890,0 rupee)

Laporan oleh Yandoltra Nigui di Singapura; Pelaporan tambahan oleh Anton Bridge di Tokyo; Penyuntingan oleh Ken Wu dan Edwina Gibbs

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Dapatkan hak lisensiMembuka tab baru

Yantoultra Ngui adalah koresponden transaksi Asia Tenggara dengan Reuters di Singapura, yang meliput transaksi M&A dan pasar modal di wilayah yang berkembang pesat, yang merupakan tempat menarik bagi investor startup, unicorn, dan IPO. Dia sebelumnya adalah reporter di Bloomberg dan The Wall Street Journal. Khususnya, ia adalah bagian dari tim WSJ yang meliput skandal keuangan di dana negara Malaysia 1MDB. Yandoultra lulus dari Universiti Putra Malaysia dengan gelar MBA di bidang Keuangan pada tahun 2010.