April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Berencana untuk belajar di luar negeri?  Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Indonesia

Berencana untuk belajar di luar negeri? Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang Indonesia

Terdapat sekitar 3.000 perguruan tinggi di Indonesia yang sebagian besar merupakan perguruan tinggi swasta.

New Delhi:

Pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri dapat menganggap Indonesia sebagai tempat yang aman. Pendidikan tinggi di nusantara mengikuti sistem gelar tiga tingkat yaitu sarjana, pascasarjana, dan doktoral. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengawasi lembaga-lembaga tersebut, namun sekolah negeri dan swasta memiliki otonomi atas kebijakan dan kurikulum. Indonesia sedang memodernisasi sistem pendidikannya untuk fasilitas pendidikan dan penelitian kelas dunia. Indonesia, negara terbesar di Asia Tenggara, menawarkan lingkungan multikultural dengan lebih dari 6.000 pelajar internasional. Banyak program pascasarjana, terutama di institusi swasta, diajarkan dalam bahasa Inggris atau bahasa lain. Program MBA yang diajarkan dalam bahasa Inggris sangat populer.

Universitas

Terdapat sekitar 3.000 perguruan tinggi di Indonesia yang sebagian besar merupakan perguruan tinggi swasta.

Durasi Pelatihan dan Program:

Biaya kuliah terjangkau bahkan di lembaga swasta. Biayanya bervariasi tetapi rata-rata sekitar 4,000 Euro (Rs 3,54,864) untuk program master, dengan durasi biasanya 1-2 tahun.

Selama tahun ajaran:

Tahun akademik terdiri dari dua semester 16 minggu yang dimulai pada awal September dan berakhir pada bulan Juni.

Visa Pelajar:

Memperoleh visa pelajar di Indonesia melalui proses multi-langkah karena tidak ada permohonan tunggal.

Setelah menerima surat penerimaan dari perguruan tinggi Indonesia, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pengajuan izin belajar melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi RI.
  • Ajukan permohonan visa masuk bernama VITAS di Kedutaan/Konsulat Indonesia di negara asal Anda.
  • Setibanya di Indonesia, ubah VITAS menjadi KITAS (Izin Emas Terbatas) di bagian imigrasi.
  • Dapatkan bukti kartu registrasi polisi sebagai bagian dari proses.

Peluang penelitian

READ  Indonesia merencanakan penerbangan langsung ke Timur Jauh Rusia

Jika tertarik pada penelitian, ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan, antara lain Badan Pengkajian dan Pemanfaatan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengatur Tenaga Atom, dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Selain itu, Anda dapat menjajaki kemungkinan yang ditawarkan oleh pusat-pusat penelitian universitas seperti Pusat Penelitian dan Kajian Kependudukan di Universitas Gadjah Mada, Pusat Kajian Gastro-Diplomatik di Universitas Jember dan Lembaga Penelitian dan Pendidikan Kedokteran Indonesia di Universitas Indonesia. Yang lain.

Transportasi, akomodasi dan biaya hidup

Biaya hidup di Indonesia bervariasi dari kota ke kota. Tinggal di ibu kota Jakarta bisa jadi cukup mahal dibandingkan kota lain seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung.

Indonesia menawarkan kemudahan akses transportasi dengan berbagai pilihan transportasi darat. Anda dapat memilih sistem kereta api yang terhubung atau memilih moda transportasi tradisional Indonesia, termasuk ojek yang disebut “ojek”, tuk-tuk khas Indonesia yang disebut “Bajaj” dan minivan umum yang dapat diakses secara luas yang disebut “angkot”. Bus reguler dan taksi juga tersedia dengan harga terjangkau.

Untuk lebih jelasnya kunjungi situs resminya