April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

BANGKOK POST – Indonesia dan Vietnam membahas pertahanan Laut Cina Selatan, EV

BANGKOK POST – Indonesia dan Vietnam membahas pertahanan Laut Cina Selatan, EV

Presiden sayap kanan Indonesia Joko Widodo memeriksa pengawal kehormatan di halaman Istana Malacanan di Manila, Filipina pada hari Rabu. (Foto: Bloomberg)

HANOI – Pemimpin Indonesia dan Vietnam bersama-sama mengumumkan keamanan di Laut Cina Selatan dan investasi di Indonesia oleh pembuat kendaraan listrik (EV) Winfast.

Kedua negara Asia Tenggara ini telah memperkuat hubungan mereka melalui investasi korporasi, meningkatkan perdagangan dan kerja sama yang lebih erat dalam meningkatkan keamanan di Laut Cina Selatan yang disengketakan di tengah ketegangan dengan Beijing.

Usai bertemu dengan Widodo, yang akrab disapa Jokowi, Presiden Vietnam Vo Van Duong menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan.

Kedua negara menandatangani nota kesepahaman kerja sama perikanan. Naskah ini tidak bersifat publik, namun mungkin membahas pelanggaran yang dilakukan oleh nelayan Vietnam di perairan negara lain, yang sering menjadi sumber ketegangan di kawasan.

Menjelang kunjungan Jokowi, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyatakan siap bekerja sama dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk menyelesaikan kode etik Laut Cina Selatan yang telah lama tertunda, jalur perairan strategis untuk perdagangan dan energi.

Seorang pejabat Vietnam memastikan masalah ini akan dibahas di Hanoi selama kunjungan Jokowi.

Kode Etik Asia Tenggara akan menjadi pukulan telak bagi Tiongkok.

Beijing dan negara-negara Asia Tenggara telah berupaya menyusun kerangka kerja untuk menegosiasikan kode etik ini sejak tahun 2002, namun kemajuannya berjalan lambat meskipun semua pihak berjanji untuk bergerak maju dan mempercepat proses tersebut.

Indonesia dan Vietnam sepakat untuk mengakui batas-batas zona ekonomi eksklusif di Laut Cina Selatan pada tahun 2022, yang dipandang sebagai tantangan bagi Beijing, yang mengklaim hampir seluruh jalur perdagangan strategis tersebut.

Indonesia sebelumnya menyatakan berencana mengekspor gas ke Vietnam dari ladang gas di Laut Cina Selatan.

“Kami sepakat untuk bekerja sama dalam transisi energi,” kata Jokowi dalam keterangannya bersama Tuong.

cepat menang

Jokowi, yang akan mengunjungi pabrik kendaraan listrik VinFast di Vietnam utara pada hari Sabtu, memuji rencana perusahaan untuk menginvestasikan US$1,2 miliar pada pabrik dan operasi lainnya di Indonesia untuk jangka panjang.

Tuong mendorong perusahaan-perusahaan Indonesia, termasuk sektor perbankan, untuk berinvestasi lebih banyak di Vietnam.

Kedua negara juga menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Perdagangan bilateral antar negara meningkat 23% tahun lalu menjadi $14,1 miliar, dengan target segera mencapai $15 miliar, kata presiden Vietnam.

Kunjungan Jokowi ke Hanoi adalah bagian dari tur Asia Tenggara yang lebih besar yang mencakup kunjungan ke Filipina dan kunjungan ke Brunei akhir pekan ini menjelang pemilu Indonesia bulan depan.

Ia diperkirakan akan bertemu dengan para pemimpin Vietnam lainnya pada Jumat malam, namun berbeda dengan kebiasaan normal, Jokowi tidak dijadwalkan untuk bertemu dengan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Nguyen Phu Trong di tengah kekhawatiran atas kesehatan pemimpin yang menua tersebut.

Mulai tahun 2022, Vietnam akan menerapkan strategi untuk meningkatkan hubungan dengan kekuatan dan mitra global, dan Duang menyatakan harapannya agar hubungan formal dengan Indonesia juga dapat ditingkatkan.

READ  114 WNI di pengungsian setelah gempa bumi dahsyat di Jepang