Mei 6, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Awak kapal selam Indonesia menyanyikan ‘Goodbye’ beberapa minggu sebelum tragedi tersebut

Sebuah video kelompok duka bawah laut Indonesia menyanyikan kemenangan lokal telah dirilis, yang berarti “selamat tinggal” – hanya beberapa minggu sebelum kapal tenggelam dengan semua 53 pelaut di dalamnya.

Agency France-Press melaporkan bahwa Harry Octavian, komandan KRI Nangala 402, adalah salah satu dari mereka yang berkumpul dengan gitar bersuara di sekitar seorang pelaut.

“Meskipun saya belum siap untuk melihat Anda, saya belum siap untuk hidup tanpamu” para pelaut menyanyi dalam deskripsi yang jelas tentang “Sambai Jamba”. “Saya mengucapkan selamat kepada Anda.”

Rekaman itu direkam sebagai perpisahan dengan komandan kapal selam Angkatan Laut, yang penggantinya telah menerima peran itu pada awal Maret, kata juru bicara militer Jawara Wimbo kepada AFP.

Artis asli lagu tersebut, Erix Sugamti, Ghost merilis videonya Minggu di Instagram, CBS News melaporkan.

Militer Indonesia telah merilis video yang menunjukkan awak kapal selam KRI Nangala-402 bernyanyi bersama lagu hit 'Goodbye' beberapa minggu sebelum tenggelam.
Video menunjukkan awak kapal selam KRI Nangala-402 bernyanyi bersama untuk lagu hit “Selamat tinggal” beberapa minggu sebelum tenggelam.
Tentara Indonesia

Militer Indonesia mengatakan 53 anggota awak tewas setelah puing-puing itu ditemukan di setidaknya tiga wilayah di laut pada hari Minggu.

Pengumuman haram itu datang sehari setelah Indonesia dianggap memiliki kerajinan tangan tenggelam, yang hilang begitu saja, tetapi tidak secara eksplisit menyebutkan apakah awaknya tewas.

Kapal selam yang hilang itu digeledah Badan SAR Indonesia (Pasarnas) pada 23 April 2021.
Badan SAR Indonesia mencari kapal selam yang hilang pada 23 April 2021.
Suryanto / Badan Anatolia melalui Getty Images

Para pejabat sebelumnya mengatakan pasokan sub-oksigen bertenaga diesel buatan Jerman akan berakhir Sabtu pagi, tiga hari setelah menghilang dari pulau resor Bali.

“Gambar bawah air telah dikonfirmasi dari kemudi vertikal belakang kapal selam, jangkar, badan tekanan eksternal, kemudi selam timbul dan bagian kapal lainnya,” kata Panglima Angkatan Darat Hadi Tajjanto kepada wartawan Pali pada hari Minggu.

Para pria menghadiri doa khusus untuk awak kapal selam angkatan laut Indonesia KRI Nangala, yang tenggelam pada 21 April 2021 di Surabaya, Indonesia.
Para pria menghadiri doa khusus untuk awak kapal selam angkatan laut Indonesia KRI Nangala, yang tenggelam pada 21 April 2021 di Surabaya, Indonesia.
Foto AP / Trisnadi

“Dengan bukti asli ini, kami dapat menyatakan bahwa KRI Nangala 402 telah tenggelam dan seluruh anggota tim tewas,” kata Tajjando.

READ  Peringkat bank-bank Indonesia dan saham teknologi bersinar merah setelah reli tajam

Adma Yudo Marcono, Panglima Angkatan Laut, mengatakan robot bawah air, yang dilengkapi dengan kamera, mendokumentasikan bangkai kapal di kedalaman 2.750 kaki.

Foto bawah air yang dirilis oleh TNI AL pada 25 April 2021 ini menunjukkan bagian dari kapal selam KRI Nangala yang tenggelam di Laut Bali, Indonesia.
Foto bawah air yang dirilis TNI AL pada 25 April 2021 ini memperlihatkan bagian dari kapal selam KRI Nangala di Laut Indonesia Bali.
TNI AL melalui AP

Pada hari Senin, Angkatan Laut mencoba mempelajari cara menyelamatkan bangkai kapal dan cara memulihkan tubuh awaknya.

“Kami akan menganalisis gambar dan video bawah air, arus, dll. Untuk menentukan teknologi yang akan digunakan,” kata laksamana pertama Julius Widjojono kepada Reuters.

Orang-orang melempar bunga dan kelopak bunga dengan nama awak kapal selam KRI Nangala-402 yang tenggelam saat shalat di laut dekat Labuhan Lalang, Bali, Indonesia pada 26 April 2021.
Orang-orang melempar bunga dan kelopak bunga dengan nama awak kapal selam KRI Nangala-402 yang tenggelam saat shalat di laut dekat Labuhan Lalang, Bali, Indonesia pada 26 April 2021.
Foto Andara / Fikri Yousuf / via Reuters

Sementara itu, kerabat yang berduka berkumpul di pantai di Bali untuk memberi penghormatan kepada orang yang mereka cintai.

Anggota keluarga anggota kelompok I Gede Karthika berkumpul di Selugan Bhawang di pantai utara Bali, di mana mereka membawa dupa, bunga dan foto berbingkai dalam seragamnya.

Pada 25 April 2021, seorang perwira militer Indonesia menunjukkan sekelompok orang melarikan diri dari kapal selam yang tenggelam.
Seorang pejabat militer Indonesia menunjukkan kru melarikan diri dari kapal selam yang tenggelam pada 25 April 2021.
Melalui Johannes Cristo / Narboto AB

Yang lain pergi ke laut untuk menyebarkan kelopak bunga di air secara ritual.

“Kami sudah menyerahkan putra kami kepada pemerintah. Sekarang dia telah jatuh ke dalam perangkap ini dan kami berharap pemerintah akan mengembalikan jenazahnya kepada kami setelah semua upacara resmi, “kata paman kapal selam Wayne Dharmanda.

Pada 6 Februari 2012, para pelaut Indonesia terlihat berada di kapal selam KRI Nangala-402.
Pada 6 Februari 2012, TNI AL berlayar menggunakan kapal selam KRI Nangala-402.
Melalui REUTERS

Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan berjanji bahwa pemerintah akan memberikan bantuan keuangan untuk pendidikan anak-anak para pelaut yang tewas.