Agustus 6, 2021

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Brigjen Indonesia tewas dalam 2 minggu konflik Papua

Jayapura, Indonesia – Seorang brigadir jenderal Indonesia tewas dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan kelompok pemberontak di provinsi Papua, kata para pejabat pada hari Senin.

Jayapura, Indonesia – Seorang brigadir jenderal Indonesia tewas dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan kelompok pemberontak di provinsi Papua, kata para pejabat pada hari Senin.

Bentrokan meletus pada 8 April di provinsi timur Indonesia, Papua, dengan pemberontak membakar tiga sekolah dan menembak seorang guru di desa Pyoka di distrik Punkak. Pemberontak menembaki kompleks perumahan guru dan membakar rumah seorang pemimpin suku di Pioca, menewaskan guru lain.

Polisi, tentara dan pasukan intelijen telah bergabung dengan Operasi Nemangavi untuk melacak para penyerang, yang diyakini sebagai anggota Tentara Pembebasan Papua Merdeka, sebuah unit militer Organisasi Papua Merdeka.

Pemberontak telah memerangi pemberontakan skala kecil sejak Indonesia mencaplok bekas jajahan Belanda di Papua pada awal 1960-an. PBB Papua secara resmi dimasukkan ke Indonesia pada tahun 1969 setelah pemungutan suara bersponsor, yang ditipu oleh banyak orang.

Brigade Kepala Intelijen Papua. Kolonel Iqbal Al-Qudsi, juru bicara Operasi Neymar, mengatakan Jenderal Gusti Danny Nugraha ditembak di kepala dan tewas dalam serangan pemberontak.

Disergap saat sedang dalam patroli Jenderal Pioca Tetangga Pemberontak membakar sebuah sekolah dasar dan rumah-rumah di desa itu pada Minggu sore dengan 13 orang bersepeda motor di desa Tambet.

Pasukan keamanan berhasil menggali mayat itu Senin pagi ketika pasukan gabungan dan polisi memburu “kelompok kriminal separatis bersenjata”.

“Kami dalam siaga tinggi seperti yang diperintahkan untuk semua pasukan di darat,” kata Alkutsi.

Dalam komentar yang disiarkan televisi, Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan masyarakat Indonesia atas meninggalnya Jenderal.

READ  Kepala Kedutaan Besar Indonesia, Ferdie Pie Kovit, meninggal dunia karena sakit selama 19 hari

Di samping Wakil Presiden Dan para pemimpin militer, polisi dan badan intelijen, memerintahkan pasukan pemerintah untuk memburu para pemberontak.

“Saya tegaskan bahwa tidak ada ruang bagi kelompok kejahatan bersenjata di Papua dan di seluruh pelosok negeri,” kata Widodo dari Istana Merdeka di Jakarta, Senin.

Serangan pemberontak di beberapa distrik di Pasbua telah meningkat selama setahun terakhir, termasuk tambang Grosberg.

Cadangan emas dan tembaga yang sangat besar dari tambang Grosberg telah diekstraksi oleh Freeport-McMoran selama beberapa dekade, merusak lingkungan sekitar dan pada saat yang sama memberikan pendapatan pajak yang signifikan kepada pemerintah Indonesia.

Tetapi bunga poppy asli tidak banyak mendapat manfaat, dan lebih miskin, lebih sakit, dan lebih mungkin mati muda daripada di tempat lain di Indonesia.

____

Ninik Carmini, seorang penulis Associated Press di Jakarta, Indonesia, berkontribusi pada laporan tersebut.

Albion Cardono, The Associated Press