Mei 28, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Wawancara dengan Pinter Politik tentang Sharp Power China di Indonesia dan Tempat Lain

Wawancara dengan Pinter Politik tentang Sharp Power China di Indonesia dan Tempat Lain

Lebih jauh:

Indonesia

Cina

Mempengaruhi kampanye dan misinformasi

Dalam beberapa tahun terakhir, Beijing telah meningkatkan penggunaan kekuatan tajamnya di Asia Tenggara, termasuk menyebarkan disinformasi di platform media sosial di wilayah tersebut. Tapi itu sangat tidak berarti jika dibandingkan dengan misinformasi yang telah menyebar di dalam negeri selama ini. Dalam wawancara baru-baru ini dengan publikasi terkemuka Indonesia Pinter Politik, dia berkata, “Penggerak utama misinformasi di Asia Tenggara sebenarnya adalah orang-orang di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Myanmar, dan Filipina. Perang terbesar.”

Indonesia sangat rentan terhadap kekuatan tajam China dan bentuk pengaruh lainnya; Medianya yang bias menimbulkan risiko serius dalam menghadapi upaya China untuk mempengaruhi politik Indonesia. Memperhatikan bahwa ada beberapa outlet media yang benar-benar independen yang tidak berafiliasi dengan partai atau politisi arus utama, saya mengatakan kepada Pinter Politik, “Keberpihakan ini akan memudahkan China untuk mengembangkan outlet partisan, terutama jika outlet tersebut dekat dengan kandidat presiden 2024 yang kuat.”

Untuk upaya China mempengaruhi Indonesia, negara-negara lain di Asia Tenggara, dan upaya pengaruhnya secara lebih luas, lihat Wawancara baru dengan Pinter Politik.

Lebih jauh:

Indonesia

Cina

Mempengaruhi kampanye dan misinformasi

READ  Indonesia menjadi tuan rumah acara penghargaan K-pop Golden Disc Awards untuk pertama kalinya