Mei 29, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Warga dievakuasi saat gunung berapi kembali meletus di Indonesia

Warga dievakuasi saat gunung berapi kembali meletus di Indonesia

Gunung Ruang di Indonesia meletus Selasa pagi, memaksa penduduk mengungsi dari pulau tersebut, sementara belum ada laporan mengenai korban jiwa, kata pejabat setempat.

Letusan terjadi tak lama setelah pihak berwenang menurunkan tingkat kewaspadaan gunung berapi di Indonesia tengah dari tingkat tertinggi. Namun, ia segera naik kembali ke puncaknya setelah letusan.

Pusat Mitigasi Bencana Vulkanik dan Geologi memperluas radius tidak ada aktivitas bagi warga menjadi 7 kilometer karena batu panas yang dimuntahkan gunung berapi setinggi 725 meter di provinsi Sulawesi Utara berada di luar radius 6 km yang ditetapkan sebelumnya dan mencapai kamp pengungsi utama.

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Abdul Muhari mengatakan pada konferensi pers bahwa pihak berwenang telah memutuskan untuk merelokasi 834 orang yang tinggal di Pulau Ruang.

Sekitar 12.000 orang yang tinggal di sekitar Pulau Dagulandang akan dievakuasi ke pulau lain di utara.

“Kami telah mengimbau masyarakat untuk tidak tinggal di wilayah pesisir karena material vulkanik berjatuhan ke bawah laut,” kata juru bicara tersebut.

Berdasarkan pengalaman kami pada tahun 1871, jatuhnya material vulkanik dapat menimbulkan tsunami. Tsunami yang disebabkan oleh gunung berapi yang runtuh tidak dapat diprediksi…berbeda dengan gempa bumi, tambahnya.

READ  Jenazah gadis berusia 3 tahun dan ibunya pulih setelah 20 orang tewas akibat tanah longsor di Indonesia