Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

VAR menang, Uzbekistan Utara: media Indonesia

VAR menang, Uzbekistan Utara: media Indonesia

“VAR menang,” surat kabar Sudut satu Menulis usai laga Senin malam, VAR membuahkan hasil kurang baik bagi Indonesia.

“Mungkin tanpa VAR dan teknologi garis gawang, Uzbekistan tidak akan memenangkan pertandingan ini,” tambah surat kabar itu. “VAR mempengaruhi keputusan wasit Shen Yinhao dan kelemahan VAR menjadi bahan perdebatan setelah pertandingan.”

Sivagorn, 37, memiliki 11 tahun pengalaman sebagai wasit FIFA dan juga menjadi wasit VAR untuk lima pertandingan Piala Asia 2023 awal tahun ini.

Dia adalah wasit VAR saat Indonesia kalah 2-0 dari Qatar pada pertandingan pembuka Piala Asia U23 2024, di mana mereka kebobolan penalti dan bek Justin Hubner dikeluarkan dari lapangan. Indonesia kemudian memutuskan untuk mengajukan pengaduan kepada komite wasit pertandingan.

Situs olahraga indonesia skor ZQ Menulis: “Meski Uzbekistan menang 2-0, fokus pertandingan tertuju pada tiga keputusan kontroversial VAR. Indonesia gagal bukan hanya karena performanya, tapi karena inkonsistensi wasit dalam menggunakan VAR. Evaluasi mendalam VAR untuk menentukan pertandingan penting seperti itu.”

CNN Indonesia Ia mencontohkan tiga keputusan kontroversial yang diambil VAR pada laga di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Pada menit ke-27 menit pertama, bek Abdukhodyr Kusanov menjegal gelandang Vitan Suleman di tepi kotak penalti Uzbekistan. Wasit Shen awalnya memberikan penalti kepada Indonesia, namun VAR turun tangan dan membiarkan wasit Tiongkok meninjau permainan melalui VAR.

Usai menonton tayangan ulang, Shane tidak hanya menganulir penalti Indonesia, tetapi bahkan tidak memberi mereka tendangan bebas karena Kusanov melakukan permainan yang adil.

Gol kedua adalah gol yang dianulir oleh bek Muhammad Ferrari ketika ia membenturkannya ke gawang setelah kiper Uzbekistan itu menyodok bola. VAR memutuskan striker Ramathan Sananda berada dalam posisi offside sebelum bola ditangkap di udara oleh kiper.

READ  Menteri: Bumbu kuliner Indonesia di Belanda akan meningkatkan ekspor

Terakhir bek Risky Rito mendapat kartu merah. Usai menghalau bola, gerakan kakinya terus membentur gelandang Jasurbek Zhalolidino di area sensitif yang dianggap sebagai pelanggaran berbahaya. Berkat VAR, Shen memutuskan mengeluarkan Ridow dengan kartu merah langsung.

Wasit VAR Sivakorn memberi Indonesia kekalahan beruntun tiga pertandingan karena khawatir Thailand dikalahkan oleh pelatih Shin Tae-yong dan para pemainnya? Platform permainan Laut menulis

Uzbekistan mencetak 28 tembakan pada pertandingan tersebut, tujuh kali lebih banyak dari Indonesia. Selain gol Ferrari yang offside, tim asuhan Shin Tae-yong juga tak punya satu pun tembakan tepat sasaran.

Kemenangan hari Senin membantu Uzbekistan lolos ke sepak bola putra Olimpiade untuk pertama kalinya, sementara Indonesia harus memenangkan playoff tempat ketiga melawan Irak, jika tidak, mereka akan memainkan playoff lain dengan tim Afrika Guinea di Prancis pada 9 Mei.