Juli 19, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Universitas-universitas di Indonesia menyelenggarakan kuliah tentang pendekatan pencapaian progresif ACER

Universitas-universitas di Indonesia menyelenggarakan kuliah tentang pendekatan pencapaian progresif ACER

ACER Indonesia dengan senang hati menjadi tuan rumah bagi kunjungan Dr. Hingston yang bertepatan dengan peluncuran Paket Prestasi Progresi Matematika PAT ACER.

Hingston menjelaskan bagaimana pendekatan pencapaian progresif ACER didukung oleh pengukuran psikometrik dan kemajuan pembelajaran berbasis penelitian yang mengukur dan menggambarkan perjalanan belajar siswa dalam matematika, membaca, dan bidang pembelajaran lainnya.

Perkuliahan dilaksanakan di universitas mitra ACER Indonesia, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Seiring dengan keahliannya di bidang pendidikan guru, baik UNJ maupun UIII memiliki minat yang kuat terhadap penilaian mahasiswa. Pada sesi tanya jawab perkuliahan, para guru, mahasiswa, dan lulusan yang kini mengajar di sekolah terlibat dalam diskusi yang hidup.

Hingston membuka sesi dengan berbagi latar belakang pengalaman ACER dalam mengembangkan alat penilaian berbasis bukti yang didukung oleh keahlian penelitian dan pengukuran ACER.

“ACER mengembangkan alat penilaian yang mengukur prestasi akademik siswa tidak hanya berdasarkan tingkat kelas mereka saat ini, namun juga kesinambungan jangka panjang,” kata Dr. Hingston. ‘Tingkat pencapaian juga dijelaskan sehingga guru dapat memahami kemajuan belajar siswanya dan langkah pembelajaran selanjutnya.’

Sepanjang presentasinya, Dr. Hingston mengartikulasikan 3 tujuan utama pendekatan pencapaian progresif:

  1. Membantu guru mengidentifikasi pencapaian setiap siswa dalam pembelajaran mereka pada peta pembelajaran terperinci.
  2. Memberikan bukti kepada guru tentang langkah pembelajaran selanjutnya dari setiap siswa dan cara menargetkan pengajaran sesuai kebutuhan masing-masing siswa
  3. Mengukur pertumbuhan pembelajaran setiap siswa melalui penilaian prestasi progresif berturut-turut, menggunakan skor numerik yang dikaitkan dengan deskripsi kemajuan pembelajaran.

Dr Hingston mengatakan penilaian yang baik harus adil dan relevan serta didasarkan pada kerangka kerja yang jelas dan terdefinisi dengan baik. Sebuah ‘kerangka’ menggambarkan bagaimana kita memandang dan menilai bidang pembelajaran tertentu, atau bagaimana kompetensi ada dalam bidang pembelajaran tersebut. Ini membantu pendidik mengukur apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan siswa.

READ  Jumlah India telah mencapai 29,5 juta, sementara Indonesia telah melaporkan 8.189 kasus baru

“Sering kali siswa mengikuti penilaian yang hanya memberi tahu kita bagaimana mereka dibandingkan dengan siswa lain, daripada menentukan apa yang perlu mereka pelajari selanjutnya,” jelas Dr. Hingston, sambil menambahkan bahwa pengukuran akademis adalah tentang membantu pemahaman siswa tentang berbagai hal. mereka belajar. , dan tidak memberikan tes pada tes tersebut.

Pendekatan ACER terhadap penilaian berbeda, bahkan unik, dengan pendekatan yang dilakukan Institut. Hal ini didasarkan pada keyakinan bahwa penilaian akan membantu semua peserta didik membuat kemajuan yang baik dalam pembelajaran mereka. Inti dari pendekatan ACER adalah tujuannya untuk memperoleh pemahaman substantif tentang posisi pembelajar dalam suatu area pembelajaran pada waktu tertentu. Hal ini biasanya berarti menetapkan apa yang mereka ketahui, pahami, dan dapat lakukan. Terlepas dari apakah penilaian berfokus pada kinerja peserta didik secara individu atau kinerja kelompok peserta didik, tujuan dasarnya—untuk memahami posisi peserta didik dalam pembelajarannya—adalah sama.

Hingston mengakhiri sesinya dengan menyoroti betapa kuatnya penilaian siswa yang andal dalam memahami apa yang sebenarnya terjadi pada siswa. ‘Apakah kemajuannya bagus atau lambat? Apakah mereka sudah mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan atau haruskah mereka mencoba sesuatu yang berbeda dalam pembelajaran mereka?’ Sekolah dapat memperoleh manfaat besar jika sering mengajukan pertanyaan seperti itu sebagai bentuk refleksi.

Tim pimpinan Sidang Umum Studium ACER Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Prof. Muchlas Suzeno dan Dr. Dodok Bindoro, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama. UNJdan Dr. Bambang Sumintono, Ketua Program Doktor Fakultas Ilmu Pendidikan dan Profesor Nina Nurmila, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan. VIII Hingston dan tim atas sambutan hangat dan antusiasnya.

Saksikan sesi kuliah umum Dr. Hingston Lampu jaringan.

READ  Indonesia / Volcano Discovery, Ternate, gempa 4,4 SR dekat Maluku Utara

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau pertanyaan, silakan menghubungi tim di [email protected].