Desember 5, 2022

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Hingga 20 tewas dalam gempa berkekuatan 5,6 di Indonesia – pejabat setempat

JAKARTA, 21 November (Reuters) – Gempa bermagnitudo 5,6 melanda provinsi Jawa Barat di Indonesia pada Senin, menewaskan hingga 20 orang, kata seorang pejabat setempat.

Herman Suherman, seorang pejabat pemerintah dari Siangjur, sebuah kota di Jawa Barat tempat pusat gempa berada, mengatakan kepada saluran berita MetroTV bahwa hingga 20 orang tewas dan 300 lainnya luka-luka.

“Dari satu rumah sakit, ada empat rumah sakit di Cianjur,” ujarnya seraya menambahkan, jumlah korban meninggal dan luka-luka bisa bertambah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan 14 kematian.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa Senin melanda daratan di Cianjur, 75 km tenggara ibukota Jakarta, dan pada kedalaman 10 km (6,2 mil), tanpa potensi tsunami.

Dalam sebuah pernyataan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan beberapa rumah dan pesantren di daerah tersebut telah rusak, dan para pejabat masih menaksir tingkat kerusakan sepenuhnya.

Cuplikan dari Metro TV menunjukkan beberapa bangunan di Cianjur hampir rata dengan tanah.

Muchlis, yang berada di Cianjur saat gempa melanda, mengatakan dia merasakan “gempa hebat” dan dinding serta atap gedung kantornya rusak.

“Saya sangat kaget. Saya khawatir akan ada gempa lagi,” kata Machlis kepada Metro TV saat orang-orang berlarian keluar rumah, beberapa pingsan dan muntah-muntah.

PMKG melaporkan bahwa 25 gempa susulan dilaporkan dalam waktu dua jam setelah gempa.

Di ibu kota Jakarta, beberapa kantor dievakuasi di kawasan pusat bisnis, sementara yang lain merasakan bangunan berguncang dan furnitur bergerak, kata saksi Reuters.

Indonesia adalah zona seismik aktif yang dikenal sebagai “Cincin Api Pasifik”, di mana lempeng-lempeng berbeda di kerak bumi bertemu dan menghasilkan sejumlah besar gempa bumi dan gunung berapi.

READ  Sanat dan perusahaan Indonesia akan mendirikan pusat Aeroengine MRO

Dilaporkan oleh Ananda Theresia, Ed Davis dan Kate Lamb oleh Gayatri Suryo; Diedit oleh Kanupriya Kapoor, Kim Coghill dan Toby Chopra

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.