April 12, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Perusahaan tambang emas Indonesia mempertimbangkan usaha patungan panas bumi

Perusahaan tambang emas Indonesia mempertimbangkan usaha patungan panas bumi

Tambang Emas Doga Dindung di Sulawesi Utara, Indonesia (Sumber: PT Archi Indonesia)

Perusahaan tambang emas PT Archi Indonesia tengah menjajaki potensi pengembangan panas bumi di konsesi pertambangan Toka Tindung di Sulawesi.

PT Archi Indonesia (ARCI), produsen emas murni terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, saat ini sedang dalam proses mengevaluasi potensi diversifikasi ke pasar energi terbarukan melalui usaha patungan dengan PT Ormat Geothermal Indonesia.

Keputusan untuk mendirikan anak perusahaan panas bumi saat ini masih tertunda. Faktor penentu penting adalah hasil “ thermal check” atau penilaian panas bumi yang dilakukan PT Ormat Geothermal Indonesia di wilayah konsesi pertambangan emas Toka Tintung yang terletak di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Hasil penilaian ini diharapkan keluar pada pertengahan September 2023.

Rencana pengembangan tenaga panas bumi pertama kali diumumkan oleh ARCI pada pertengahan tahun 2023. Rudy Suhendra, Direktur ARCI, menjelaskan bisnis panas bumi merupakan prospek yang menarik dan ia belum yakin apakah perusahaan tambang emas lain akan terjun ke bisnis tersebut.

Proyek panas bumi yang sedang diselidiki ARCI dan Ormat memiliki kapasitas 30 MW. Hal ini masih diverifikasi oleh pengukuran termal dan penelitian berkelanjutan. Jika berhasil, anak perusahaan akan didirikan, setelah itu rencana eksplorasi dan pekerjaan konstruksi lebih lanjut akan ditetapkan.

Sistem serupa dapat ditemukan di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Lihir di Papua Nugini, di mana bijih emas ditambang di ladang panas bumi aktif terbuka.

Sumber: Kontan.co.id Dan Bisnis.com

READ  Indonesia berencana membuka toko Windownesia di Turki, Arab Saudi: Menteri