Mei 30, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Unggahan YouTube secara keliru mengklaim ‘Warga Australia mendukung Indonesia atas sengketa terumbu karang’

Unggahan YouTube secara keliru mengklaim ‘Warga Australia mendukung Indonesia atas sengketa terumbu karang’

Klaim palsu bahwa warga Australia memprotes untuk menuntut kompromi pemerintah mereka dengan Indonesia atas terumbu karang yang disengketakan menjadi viral di YouTube, mengumpulkan ratusan ribu penayangan. Video menggunakan gambar mini dan klip yang direkayasa yang tidak terkait dengan masalah tersebut. Indonesia mengatakan tidak mengklaim Ashmore Reef di Laut Timor dan tidak memiliki konflik teritorial dengan Australia.

Salah satu video menyesatkan telah ditonton 357.000 kali setelah diposting Di Sini 26 November 2022 di YouTube.

“Itu terjadi hari ini! Warga Australia berunjuk rasa untuk perdamaian dengan Indonesia dan penyelesaian sengketa Pulau Pasir,” kata keterangan video berbahasa Indonesia itu, mengacu pada pulau-pulau yang dikenal di Australia. Karang Ashmore.

Thumbnail video berdurasi lima menit 14 detik itu menunjukkan Kyron dengan logo penyiar internasional CNBC Dan teks: “Kejutan media Barat! Warga Australia memprotes perdamaian dengan Indonesia.”

Dalam gambar thumbnail, pembawa berita wanita terlihat berdiri di depan layar TV, yang menunjukkan orang-orang berdemonstrasi dengan bendera Australia dan Indonesia dan spanduk bertuliskan “Hentikan perang Indonesia”.

Tangkapan layar dari postingan yang salah diambil pada 28 Februari 2023

Video lain juga beredar di YouTube dengan klaim serupa Di Sini, Di Sini, Di Sini Dan Di Sini — Memeras total lebih dari 441.000 kali.

Pada Oktober 2022, media Indonesia, termasuk kantor berita milik negara diantaraSeorang nelayan Indonesia dilaporkan berencana untuk mengajukan gugatan terhadap Australia atas “haknya atas Pulau Pasir”.

Sebuah batu adalah bagian kotak MOUSuatu daerah di Samudera Australia Laut Timor Berdasarkan hal tersebut nelayan tradisional Indonesia dapat mengakses Perjanjian 1974 antara dua negara tetangga.

Namun, klaim itu salah.

READ  Partai Nastem Indonesia telah mendukung gubernur Jakarta yang akan keluar untuk pemilihan presiden 2024.

Film doktoral

Gambar mini video pertama menunjukkan pembawa berita menyampaikan segmen tentang rapat umum di Australia.

Tetapi pencarian gambar terbalik di Google dan Yandex menemukan bahwa thumbnail dibuat menggunakan gambar yang tidak terkait.

Gambar pembawa berita diambil dari film pendek Ini Laporan Berita CNBC Indonesia diposting di YouTube pada 24 November 2022.

Di thumbnail aslinya, pembawa berita Savira Wardoyo Berdiri di depan layar TV yang menampilkan gambar Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Dalam segmen berita asli CNBC Indonesia, tidak disebutkan adanya protes warga Australia.

Sementara itu, foto reli dirilis sebelumnya Ini Sebuah laporan oleh Australian Broadcasting Corp (ABC) pada November 2015 menunjukkan orang-orang memprotes pembangunan masjid baru di Buchanan, New South Wales.

Gambar sebenarnya menunjukkan spanduk besar bertuliskan “Reclaim Australia Rally Newcastle” dan tanda bertuliskan “Hentikan Masjid Buchanan”.

Pada thumbnail yang telah direkayasa, diganti dengan bendera Indonesia dan tulisan “Indonesia Hentikan Perang”. Bendera Indonesia lainnya ditambahkan ke thumbnail yang direkayasa.

Di bawah ini perbandingan tangkapan layar antara thumbnail yang direkayasa (tengah), thumbnail aktual CNBC Indonesia (atas), dan foto ABC aktual (bawah):

Perbandingan tangkapan layar thumbnail hasil rekayasa (tengah), thumbnail asli CNBC Indonesia (atas) dan foto ABC asli (bawah)

Klip yang tidak berhubungan

AFP meninjau video yang menyesatkan itu dan tidak menemukan satu pun rekamannya yang menunjukkan warga Australia memprotes untuk menuntut rekonsiliasi pemerintah mereka dengan Indonesia.

Empat detik pertama video menunjukkan Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida selama KTT G20 di Bali pada November 2022, menunjukkan tanda 1:10 Pertemuan antara Jokowi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di acara yang sama.

READ  Indonesia menemukan cluster COVID-19 baru setelah merawat kru Filipina yang terkena dampak

Dalam enam detik, video menunjukkan Pada tahun 2012, sebuah kapal angkatan laut Rusia melakukan kunjungan niat baik ke Portsmouth, Inggris.

Klip pada tanda 10 detik menunjukkan A “Hari Invasi” Sebuah rapat umum di kota Brisbane, Australia pada 26 Januari 2021. Ini adalah bagian dari aksi unjuk rasa nasional. diundang Penghapusan Hari Australia dan perubahan kebijakan untuk membantu masyarakat adat negara tersebut.

Adegan lain dalam video menunjukkan peristiwa lain yang tidak terkait, a Pertemuan antara Jokowi dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese saat KTT ASEAN-Australia di Kamboja pada November 2022, serta Pelatihan keselamatan dan pengarahan Oleh militer Indonesia menjelang KTT G20 di Bali.

Tidak ada konflik teritorial

Klaim bahwa Australia dan Indonesia sedang berperang memperebutkan Ashmore Reef tidak benar.

Ada Indonesia Tidak pernah diminta Ashmore Reef dan tidak ada informasi yang dapat dipercaya bahwa kedua negara sedang berperang.

AFP membantah klaim serupa tentang konflik militer hipotetis antara Indonesia dan Australia atas Ashmore Reef. Di Sini, Di Sini, Di Sini Dan Di Sini.