Juni 22, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

TNI Angkatan Laut sedang melaksanakan Latihan Angkatan Laut Multilateral ke-5 bersama 56 negara di Bali

TNI Angkatan Laut sedang melaksanakan Latihan Angkatan Laut Multilateral ke-5 bersama 56 negara di Bali

JAKARTA, 30 Mei (Bernama) — TNI Angkatan Laut berencana menyelenggarakan Latihan Multilateral Angkatan Laut Komodo (MNEK) kelima di Bali pada pertengahan Februari 2025 dengan melibatkan angkatan laut perwakilan 56 negara.

Dirancang sebagai aktivitas non-tempur atau militer, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama maritim, manajemen bencana, dan upaya kemanusiaan, sekaligus membina hubungan yang lebih kuat antara angkatan laut yang berpartisipasi.

Australia, Brasil, Inggris, India, Italia, Kazakhstan, Malaysia, Korea Utara, Portugal, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan Timor Leste termasuk di antara negara-negara yang diundang untuk berpartisipasi, menyoroti cakupan internasional yang signifikan dari acara tersebut. .

“Tujuan kami adalah untuk membina kerja sama, meningkatkan kerja sama dan memperkuat hubungan antar negara peserta dengan mempertemukan angkatan laut dari berbagai latar belakang,” Kolonel Luqman Kharis, Asisten Direktur Staf Operasi Pelatihan Angkatan Laut III, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Mengusung tema “Kemitraan Maritim untuk Perdamaian dan Stabilitas”, MNEK 2025 berupaya mengatasi berbagai tantangan keamanan maritim termasuk bencana alam, pembajakan, dan perlindungan jalur pelayaran untuk menjamin stabilitas.

Latihan tersebut akan terdiri dari pelatihan fase pelabuhan, yang mencakup pelajaran ahli, pertukaran ahli materi pelajaran, dan permainan darat taktis, sedangkan pelatihan fase laut akan mencakup pelatihan maritim, latihan fotografi, pengawasan dan pengintaian intelijen, pencarian dan penyelamatan, serta evakuasi medis.

Selain itu, berbagai inisiatif budaya dan lingkungan akan dilakukan, termasuk parade kota dan budaya, pameran maritim, pertunjukan memasak, pembersihan pantai, dan jalur pelayaran untuk kapal-kapal dari seluruh negara peserta.

— nama


BERNAMA menyediakan berita dan informasi terkini yang otentik dan komprehensif yang disebarluaskan melalui kabel BERNAMA; www.bernama.com; Bernama TV di saluran Astro 502, Unify TV 631 dan MyTV 121 IFLIX dan Bernama Radio di FM93.9 (Klang Valley), FM107.5 (Johor Bahru), FM107.9 (Kota Kinabalu) dan FM10000 (Kota Kinabalu) di freK100. 9.

READ  Indonesia menolak tawaran militer untuk membebaskan sandera Selandia Baru di Papua

Ikuti kami di media sosial:
Facebook: @bernamaofficial, @bernamatv, @pernamaradio
Twitter: @bernama.com, @Bernama TV, @pernamaradio
Instagram: @bernamaofficial, @bernamatvofficial, @bernamaradioofficial
TIK tok: @bernamaofficial