Juli 23, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Timor Leste, Indonesia sepakat untuk memajukan sektor komunikasi dan informatika

Tempo.co, JakartaIndonesia dan Timor Leste sepakat untuk meningkatkan sektor komunikasi dan informasi kedua negara, kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Ari Setiadi.

Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani antara Menteri Chettiadi dan Menteri Telekomunikasi dan Transportasi Timor Leste Miguel Marquez Gonçalves Manetelu di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26 Januari).

Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada hari Sabtu, Setiadi mencatat bahwa ruang lingkup kerja sama dengan Timor Leste mencakup sektor-sektor seperti komunikasi radio, layanan telekomunikasi, aplikasi informasi, serta layanan pos dan kurir.

“Dalam kerja sama komunikasi radio, kedua negara akan berkoordinasi dan bersama-sama memantau spektrum frekuensi radio di wilayah perbatasan, yang dilanjutkan dengan pertukaran data dan informasi stasiun radio serta sistem pengelolaan spektrum radio di wilayah perbatasan,” ujarnya.

Ia menegaskan, Indonesia mendukung promosi dan pengembangan kerja sama teknologi 5G dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi. Selain itu, kedua negara bertujuan untuk meningkatkan jaringan komunikasi, termasuk kesenjangan digital dan sistem manajemen bencana.

“Hal ini akan dilaksanakan oleh operator telekomunikasi, termasuk sektor swasta, dengan rencana investasi di Timor-Leste,” kata Chettyadi.

Kedua negara sepakat untuk bertukar informasi, bekerja sama dalam tata kelola Internet, dan memperkuat kerja sama pencocokan bisnis start-up untuk pengembangan ekosistem ekonomi digital.

Selain itu, Menkeu mengatakan Indonesia dan Timor Leste sedang bekerja sama untuk mengembangkan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan, big data, dan Internet of Things.

Di bidang jasa pos dan kurir, Indonesia dan Timor Leste menyepakati kerja sama prangko dan penerbitan prangko; pengembangan layanan pengiriman uang; dan pertukaran kiriman pos di daerah perbatasan.

Berdasarkan MoU tersebut, kedua negara sepakat untuk bertukar informasi mengenai kebijakan dan peraturan radio, telekomunikasi, aplikasi informasi, serta layanan pos dan kurir, ujarnya.

READ  Jangan ragukan posisi Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina : Menteri

MoU tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Sanana Gusmao.

diantara

Seleksi Guru: Pihak berwenang Indonesia merebut markas OPM dalam baku tembak

klik disini mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News