April 24, 2024

SUARAPALU.COM

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia, analisis, laporan khusus dari pusat kota besar termasuk Jakarta, Surabaya, Medan & Bekasi.

Tech Mahindra dan Indosat menandatangani kesepakatan untuk mengembangkan program AI untuk melindungi bahasa nasional Indonesia

Tech Mahindra dan Indosat menandatangani kesepakatan untuk mengembangkan program AI untuk melindungi bahasa nasional Indonesia

Cerita berlanjut di bawah iklan

Perusahaan jasa dan konsultan TI Tech Mahindra mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan telekomunikasi Indonesia Indosat Ooredoo Hutchison untuk mengembangkan model berbasis kecerdasan buatan untuk melindungi bahasa nasional Indonesia.

‘Garuda’, sebuah model bahasa besar (LLM) atau alat pembelajaran mesin, akan dikembangkan untuk melestarikan bahasa resmi dan bahasa nasional Indonesia, Bahasa Indonesia, dan dialek lokal negara tersebut, kata Tech Mahindra dalam sebuah pernyataan.

Cerita berlanjut di bawah iklan

Garuda akan dibangun dengan 16 miliar token Bahasa asli, menyediakan 1,2 miliar parameter untuk membentuk pemahaman model terhadap bahasa Bahasa, kata perusahaan itu.

Ini akan dibangun berdasarkan prinsip ‘Proyek Indus’ LLM milik Tech Mahindra, di mana Tech Mahindra akan mengumpulkan dan mengumpulkan data dalam bahasa Indonesia, yang akan dilatih sebelumnya dan dipublikasikan sebagai model percakapan untuk Indosat.

Menurut laporan tersebut, Garuda akan memungkinkan pelanggan Indosat untuk menggunakan berbagai aplikasi, termasuk dukungan pelanggan, pengalaman dan pembuatan konten, di industri seperti layanan kesehatan, e-commerce, pendidikan pedesaan, perbankan dan keuangan, pertanian dan telekomunikasi.

Cerita berlanjut di bawah iklan

“Pasar LLM diperkirakan akan mencapai USD 40,8 miliar pada tahun 2029. Ke arah ini, kemunculan LLM seperti Garuda dan Sindhu akan menciptakan peluang baru di dunia digital dan membantu masyarakat dan perusahaan berkomunikasi secara online dalam dialek dan bahasa lokal mereka,” Tech Kata Kepala Bisnis Asia Pasifik dan Jepang Mahindra, kata Harshvendra Choin.

Kesepakatan itu ditandatangani pada Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona pada 26-29 Februari.

READ  Mengapa masih belum ada pendidikan gratis di Indonesia setelah 21 tahun menjadi undang-undang?